Akhir Bursa Shanghai 4 Agustus Naik Tipis Mencerna Kebijakan Pemerintah Tiongkok

409
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (04/08), indeks Shanghai berakhir flat, naik tipis 4,19 poin, atau 0,14 persen, ke 2982.65. Pergerakan flat Indeks Shanghai dengan investor mencerna berbagai kebijakan pihak berwenang Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 4 Agustus Bergerak Flat Mencermati Ekonomi Tiongkok

Bank sentral China mengatakan Rabu bahwa pemerintah akan menggunakan beberapa alat kebijakan moneter dan menjaga likuiditas yang cukup dan pertumbuhan kredit yang wajar pada semester kedua tahun ini.

Pada hari yang sama, Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi (NDRC), perencana negara Tiongkok, mengatakan negara akan menemukan waktu yang tepat untuk menurunkan suku bunga dan rasio GWM (RRR).

Tetapi referensi untuk tingkat suku bunga dan pemotongan RRR kemudian dihapus oleh NDRC, langkah ditafsirkan oleh beberapa orang sebagai menunjukkan perpecahan kebijakan antara berbagai pihak berwenang.

“Pemerintah sedang menghadapi dilema. Perusahaan yang sedang berjuang di bawah lingkungan saat ini sehingga NDRC berharap penurunan suku bunga dapat mengurangi beban biaya mereka,” kata Yang Hai, strategi di Kaiyuan Securities.

“Tapi pelonggaran kebijakan moneter risiko lebih lanjut memicu gelembung harga properti, sebagai orang-orang memiliki sedikit kecenderungan untuk berinvestasi dalam ekonomi riil.”

Sebagian besar sektor jatuh, dengan saham transportasi memimpin penurunan.

Melawan tren, saham Vanke naik limit harian mereka 10 persen setelah Caixin melaporkan bahwa saingan Evergrande Grup mungkin baru saja membeli saham sekitar 2 persen pada pengembang Tiongkok.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2850-2734 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3074-3198.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here