Bursa Eropa 4 Agustus Bergerak Naik Jelang Keputusan BOE

282

Bursa Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar naik pada perdagangan Kamis (04/08) dengan investor berhati-hati di tengah laporan laba dan menjelang keputusan suku bunga Bank of England (BoE) yang diperkirakan untuk menurunkan suku bunga ke rekor terendah.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.631,07, turun -3,33 poin atau -0,05%

Indeks DAX berada pada posisi 10.241,98, naik 71,77 poin atau 0,71%

Indeks CAC berada pada posisi 4.340,31, naik 19.23 poin atau 0,45%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.358,80, naik 95,30 poin atau 1,15%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,18 persen dengan semua bursa utama di wilayah positif.

Investor mengantisipasi bahwa BoE akan memangkas suku untuk pertama kalinya sejak 2009 dalam rangka untuk menopang perekonomian Inggris yang telah berjuang sejak U.K. meninggalkan Uni Eropa pada bulan Juni.

Beberapa investor juga mengharapkan bahwa BoE bisa melanjutkan program pelonggaran kuantitatif, membeli obligasi pemerintah. Meskipun langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut di dalam rencana, beberapa mempertanyakan apakah itu akan membuat perbedaan.

Laba juga dalam fokus bagi investor. Pembuat obat dan kimia Jerman Merck mengangkat perkiraan penjualan dan pendapatan untuk 2016 setelah membukukan kenaikan lebih dari 18 persen pada penjualan bersih pada kuartal kedua. Saham sedikit lebih rendah.

Di Jerman, perusahaan teknik Siemens diperdagangkan lebih tinggi setelah melaporkan lebih baik dari hasil yang diharapkan untuk kuartal ketiga pada hari Kamis dan mengangkat proyeksi untuk 2016 secara keseluruhan.

Saham pembuat peralatan jaringan Nokia turun tajam setelah melaporkan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dari 332 juta euro ($ 370.000.000) pada kuartal kedua, di bawah perkiraan analis dari 400 juta, sedangkan penjualan turun 11 persen tahun-ke-tahun.

Dalam ruang asuransi, Aviva membukukan kenaikan laba semester pertama operasi, dibantu oleh dorongan di unit asuransi jiwa, mengirimkan saham lebih dari 5 persen lebih tinggi. Sementara perusahaan Jerman Hannover Re membukukan penurunan tajam laba bersih kuartal kedua, tapi menegaskan kembali tujuan untuk 2016, mengirimkan saham yang lebih rendah. Dan RSA Insurance Group mengatakan laba operasional kelompok naik 20 persen pada semester pertama tahun ini, membantu mendorong saham lebih tinggi.

Di Inggris, London Stock Exchange Group dalam perdagangan datar untuk lebih tinggi setelah meningkatkan dividennya menyusul kenaikan 9 persen di semester pertama pendapatan.

Easyjet berada di wilayah positif setelah melaporkan kenaikan penumpang Juli dan faktor beban.

Penambang logam mulia Randgold Resources membukukan penurunan produksi di kuartal kedua, mengirimkan saham hampir 10 persen lebih rendah, yang menyeret sektor sumber daya dasar yang lebih rendah bersama dengan Fresnillo.

Saham Rheinmetall naik hampir 5 persen setelah melaporkan kenaikan tajam dalam babak pertama penjualan yang membantu untuk menarik sektor otomotif secara keseluruhan.

Bank-bank sekali lagi dalam fokus bagi investor, dengan sektor yang lebih tinggi pada awal perdagangan setelah melihat kenaikan pada hari Rabu. Bank-bank Italia memimpin kenaikan setelah Menteri Ekonomi negara itu Pier Carlo Padoan mengatakan pemberi pinjaman tidak dalam krisis sistemik dan tidak menimbulkan ancaman bagi sistem zona eropa yang lebih luas. Italia juga menyelesaikan regulasi yang diperlukan yang akan memungkinkan pemerintah untuk membantu bank-bank negara itu menggeser portofolio kredit buruk mereka.

Saham Unicredit lebih tinggi sehari setelah melaporkan penurunan modal inti.

Ubi Banca, Banco Popolare dan Deutsche Bank berada di antara Eropa lainnya dalam perdagangan yang lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati keputusan suku bunga BOE, data ekonomi kawasan Eropa, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here