Harga Timah 4 Agustus Turun Terganjal Pelemahan Sektor Jasa Tiongkok

421

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Kamis (04/08). Penurunan harga timah tertekan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok.

Pelemahan ekonomi Tiongkok terpicu menurunnya pertumbuhan sektor jasa Tiongkok

Pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok didinginkan pada bulan Juli, dengan ekspansi yang lebih lemah dalam aktifitas dan pekerjaan baru mendorong baru perusahaan untuk mengurangi staf untuk pertama kalinya dalam empat bulan ketika mereka perlu untuk memotong biaya, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Rabu (03/08).

Temuan kontras dengan survei resmi lebih optimis pada hari Senin, meningkatkan kekhawatiran bahwa Tiongkok masih menghadapi rintangan untuk rencana untuk mengubah ekonomi menjadi lebih bergantung pada konsumsi domestik daripada industri berat dan ekspor.

Indeks Caixin / Markit layanan pembelian manajer (PMI) turun menjadi 51,7 pada bulan Juli secara musiman disesuaikan, dari puncak 11-bulan 52,7 pada bulan Juni.

Lihat : Pertumbuhan Sektor Jasa Tiongkok Juli Melambat

Pelemahan ekonomi Tiongkok memicu kekuatiran permintaan dari negara konsumen terbesar logam dasar ini.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia berakhir menurun hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 17.970 dollar per ton, turun sebesar -30 dollar atau -0,2 persen dari penutupan sebelumnya pada 18.000.

Lihat : Harga Timah 22 Juli Turun Tertekan Pelemahan Bursa Asia

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah tertekan potensi penguatan dollar AS dan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Namun  perlu dicermati perkembangan produksi dan permintaan timah selanjutnya. Harga akan menghadapi level Support di posisi 17.800 dollar dan 17.600 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 18.200 dollar dan 18.400 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here