Kerugian Bisnis SUGI Paling Parah, Laju Sahamnya Terancam

288

Pergerakan saham salah satu emiten pertambangan migas  PT Sugih Energy Tbk (SUGI) yang bisnisnya sedang buntung alias merugi cukup parah anjlok ke posisi paling rendah sejak IPO pada perdagangan hari Kamis (4/8). Anjloknya saham hari ini masuki hari kedua berturut setelah sebelumnya didera profi taking yang cukup besar.

Emiten yang sahamnya banyak dijual oleh investor asing hingga net sell Rp3,3 miliar telah melaporkan kinerja keuangan perseroan terparah untuk periode semester pertama tahun ini. Perseroan yang selalu merugi 2 tahun terakhir menderita kerugian yang sangat banyak sekali hingga Rp40 miliar atau US$3,14 juta dalam periode tersebut dibandingkan dengan kerugian tahun sebelumnya  US$320.354.

Meskipun demikian  pendapatan usaha SUGI meningkat menjadi US$2,81 juta dari tahun sebelumnya periode sama yang hanya US$2,73 juta. Selain itu perseroan juga dapat menekan beban pokok  pendapatan    menjadi US$119.848 dari sebelumnya US$959.182.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Kamis (4/8) saham SUGI dibuka  pada level 314 dari  penutupan perdagangan sebelumnya di level sama. Untuk volume perdagangan hari  ini saham  sudah   mencapai  678  ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham SUGI perdagangan sebelumnya bergerak  bearish   dengan   indikator MA  bergerak turun dengan  indikator Stochastic  turun di area tengahnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dengan +DI bergerak turun juga menunjukkan trend yang lemah. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham SUGI berikutnya wait and see.

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here