Meski Rupiah Kamis Lemah, 1 Triliun Modal Asing Untungkan Bursa

223

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Kamis (4/8), rupiah yang dibuka lebih rendah  pada awal perdagangan masih bergerak negatif meski berkurang volume pelemahannya. Meski dollar AS masih sangat kuat terhadap rival-rival utamanya, tekanan terhadap rupiah hanya sedikit saja.

Lemahnya rupiah sepanjang hari  tidak membuat aliran modal asing ke bursa saham Indonesia berhenti, para investor tersebut masih sangat optimis dengan aset investasi berdenominasi rupiah. Net buy investor asing hingga akhir perdagangan saham tercatat Rp1 triliun. Besarnya aliran modal asing tersebut  berhasil angkat IHSG  yang akhirnya naik 0,4%.

Lihat: IHSG 4 Agustus Berakhir Naik, Tarik 1 Triliun Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,17% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13143/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13159/US$. Demikian juga untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah  ke  13138  dari  posisi 13144 perdagangan hari Rabu (3/08), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah   ke posisi 13204 setelah perdagangan sebelumnya 13180.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan Selasa pagi  diperkirakan  dibuka positif sekalipun dollar AS mampu rebound hingga akhir perdagangan sesi Amerika.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here