Pekerjaan Sektor Swasta AS Bulan Juli Meningkat

320

Laporan Automatic Data Processing (ADP) AS pada Rabu (03/08) mencatat peningkatan kerja sektor swasta dari 179.000 untuk bulan Juli, sementara laporan Juni direvisi naik sedikit ke 176.000 dari 172.000.

Ekspektasi pasar adalah untuk angka sekitar 170.000, bulan kedua berturut-turut di atas ekspektasi, meskipun margin keseluruhan kecil. Data harus menjaga kepercayaan dalam pasar tenaga kerja yang solid, data utama pengetatan The Fed.

united-states-adp-employment-change (4)

Ada peningkatan yang dilaporkan dalam pekerjaan dari 61.000 di usaha kecil dan 68.000 untuk perusahaan menengah, sementara pengusaha besar menambahkan 50.000 pekerjaan.

Terjadi peningkatan dalam pekerjaan sektor jasa ditambahkan 185.000, sementara manufaktur menambahkan 4.000 setelah penurunan pada bulan Juni, tapi ada penurunan dalam pekerjaan pembangunan 6.000 untuk bulanan.

Mark Zandi, kepala ekonom dari Moody Analytics menyatakan bahwa pertumbuhan pekerjaan tetap kuat, tapi moderat karena ekonomi mendekati full employment. Menurut Zandi, bisnis memiliki waktu lebih sulit mengisi posisi pekerjaan yang terbuka, yang dekat rekor tertinggi. ‘Masalah ekonomi terbesar bangsa ini dalam waktu segera adalah kurangnya pekerja yang tersedia’.

Data Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) mencatat pertumbuhan lapangan kerja keseluruhan 287.000 untuk Juni menyusul kenaikan revisi hanya 11.000 untuk Mei. Data ADP juga tidak termasuk pekerjaan pemerintah dalam data, yang biasanya memberikan bias ke atas untuk data BLS.

Dalam konteks ini, data ADP disarankan gambaran yang sedikit lebih kuat dari penciptaan lapangan kerja untuk Mei dan Juni yang dikombinasikan, meskipun perbedaan baik dalam margin kesalahan. Dengan pembacaan perusahaan Juli, data keseluruhan menunjukkan pasar tenaga kerja yang sangat solid dengan potensi tekanan ke atas lebih lanjut pada upah terus diperketat.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here