Penjualan Ritel Australia Juni Melambat

323

Penjualan ritel Australia naik untuk bulan kelima berturut-turut di bulan Juni, meskipun keuntungan yang jauh lebih lambat dari yang diharapkan, mencerminkan aktivitas konsumen di tengah musim pemilihan.

Penjualan ritel naik pada penyesuaian musiman 0,1% pada bulan Juni, Biro Statistik Australia mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Kamis (04/08). Hasil ini melambat dari hasil sebelumnya pada 0,2%. Perkiraan median ekonom memperkirakan penjualan ritel meningkat 0,3%.

australia-retail-sales (1)

Penjualan naik di kafe dan restoran, toko pakaian dan department store, data resmi menunjukkan.

Keuntungan dilaporkan di sebagian besar wilayah, termasuk di New South Wales, Victoria, Australia Selatan, Australia Barat dan Tasmania.

Penjualan ritel diperluas pada bulan Mei, yang mencerminkan aktivitas konsumen suram selama kampanye pemilihan federal 2016.

Belanja konsumen diharapkan untuk meningkat setelah Reserve Bank of Australia (RBA) menurunkan suku bunga ke rekor baru terendah sepanjang masa pada hari Rabu. Ini adalah tingkat kedua dipotong empat bulan, sebagai pembuat kebijakan berusaha pendekatan yang lebih agresif untuk memerangi deflasi.

Laporan inflasi bulanan Melbourne Institute pada Senin menunjukkan penurunan tajam dalam harga konsumen pada bulan Juli, tanda bahwa memerangi deflasi tidak berlebihan. Harga konsumen turun 0,3% dari Juni, laporan menunjukkan.

Konsumsi rumah tangga adalah katalis utama di balik pertumbuhan mantap ekonomi pada kuartal pertama. Produk domestik bruto Australia tumbuh disesuaikan secara musiman 1,1% dalam tiga bulan pertama tahun dan 3,1% per tahun. Itu adalah peningkatan tercepat dalam tiga tahun.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here