Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Keputusan BOE dan Penantian NFP AS

335

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat (05/08) setelah Bank of England (BoE) melepaskan paket stimulus segar, namun tetap berhati-hati mencermati data pekerjaan AS yang akan dirilis malam ini.

Indeks FTSE bergerak pada posisi 6.756,46, naik 16,30 poin atau 0,24%

Indeks DAX bergerak pada posisi 10.232,32, naik 4,46 poin atau 0,04%

Indeks CAC bergerak pada posisi 4.370,61, naik 24.98 poin atau 0.57%

Indeks IBEX 35 bergerak pada posisi 8.445,40, naik 59,90 poin atau 0,71%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,49 persen.

BoE menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh setengah tahun, dari 0,5 persen menjadi 0,25 persen dan meningkatkan program pemerintah dengan pembelian obligasi yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif, untuk melawan kemerosotan pasca-Brexit dalam perekonomian Inggris Raya.

Lihat : Bank Sentral Inggris Pangkas Suku Bunga Terendah Sepanjang Sejarah Setelah 7 Tahun

Tindakan oleh BoE telah memberi sinyal kepada investor bahwa bank sentral lainnya di seluruh dunia juga bisa meredakan lebih lanjut yang akan mendukung ekuitas.

Di sisi pendapatan, perusahaan asuransi dan manajemen aset Allianz melaporkan 46 persen tahun-ke-tahun penurunan laba bersih disebabkan pemegang saham menjadi 1,1 milyar euro, karena terkena biaya € 352.000.000 terkait dengan penutupan operasi Korea Selatan. Allianz juga mengatakan arus keluar bersih dari Pimco telah melambat tetapi belum mencapai tujuannya. Saham Allianz berada di zona merah.

Di tempat lain, saham Lafargeholcim naik lebih dari 4 persen setelah melaporkan laba operasi inti yang mengalahkan perkiraan analis dan mengkonfirmasi prospek untuk 2016.

Perusahaan transportasi Denmark DSV adalah salah satu pemain top setelah kuartal kedua mengalahkan ekspektasi laba operasi.

Dan pembuat obat Denmark Novo Nordisk memangkas penjualan dan laba sebelum bunga dan perkiraan pajak untuk 2016 setelah membukukan laba semester pertama operasi di bawah ekspektasi analis. Saham turun lebih dari 8 persen lebih rendah.

Pengecer Perancis Casino dekat bagian bawah STOXX 600 setelah Raymond James menurunkan target harga untuk saham.

Dalam ruang perbankan, Italia Mediobanca melaporkan kenaikan laba bersih di kuartal keempat fiskal dan tahun penuh. Dan Banca Popolare di Milano (BPM) mengatakan kuartal kedua laba bersih datang di € 110.000.000 dibandingkan perkiraan € 74.000.000 dalam jajak pendapat analis yang disediakan oleh bank, menurut Reuters.

Bank-bank Italia telah menjadi perhatian di zona euro yang diberikan portofolio besar mereka dari kredit macet. Menteri pemerintah telah mengecilkan rasa takut kreditur Italia. Gubernur Bank of Italy Ignazio Visco kepada Corriere della Sera pada hari Jumat mengatakan bahwa dukungan publik bagi bank-bank tidak dapat dikesampingkan.

Saham Mediobanca dan BPM lebih tinggi setelah pendapatan mereka.

Dan Royal Bank of Scotland (RBS), salah satu dari “empat besar” bank U.K. ini, membukukan rugi bersih besar £ 2045000000 ($ 2,7 milyar) untuk enam bulan pertama 2016, Jumat, mengirimkan saham ke wilayah negatif.

Laba bersih Erste Bank Group naik pada kuartal kedua dibantu oleh penjualan sahamnya di Visa Eropa, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data Non Farm Payrolls AS, yang jika terealisir meningkat akan menekan bursa Eropa. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

[td_block3 category_id=”8131″ limit=”3″custom_title=”ADVERTORIAL” ajax_pagination=”next_prev”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here