Bursa Shanghai 5 Agustus Berakhir Lemah; Mingguan Turun 0,2 Persen

395
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (05/08), indeks Shanghai berakhir turun -5,43 poin, atau -0,18 persen, ke 2977.00. Pelemahan indeks tertekan kekhawatiran pelemahan ekonomi dan tindakan keras regulator di pasar keuangan.

Sepekan ini bursa Shanghai melemah -0,2 persen, sebagian besar tertekan kekutiran ekonomi Tiongkok dan tindakan keras pihak berwenang Tiongkok di pasar keuangan.

Lihat : Indeks Shanghai 4 Agustus Bergerak Flat Mencermati Ekonomi Tiongkok

Omset perdagangan telah tipis, setelah regulator memperketat pengawasan perdagangan spekulatif, sementara selera risiko telah diatasi oleh beberapa tanda-tanda pemulihan ekonomi dan pertanyaan tentang sejauh mana stimulus lebih lanjut.

Kebijakan prudent memberikan sentimen bahwa Bank Sentral Tiongkok akan berhati-hati dalam pelonggaran stimulus, sehingga menurunkan harapan pemotongan suku bunga.

Di tengah harapan untuk pelonggaran moneter lebih lanjut, bank sentral Tiongkok menegaskan pihaknya berencana untuk mempertahankan kebijakan moneter “prudent” atau berhati-hati tahun ini.

The People`s Bank of China mengatakan akan menggunakan beberapa alat untuk menjaga likuiditas pada tingkat yang cukup banyak dan mempertahankan pertumbuhan kredit yang wajar di babak kedua, menurut sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu setelah pertemuan Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan diadakan dengan kepala cabang lokal. Kebijakan moneter akan tetap prudent, dengan fleksibilitas dan fine-tuning saat yang tepat, kata pernyataan itu.

Lihat : Kebijakan Prudent Bank Sentral Tiongkok Menurunkan Harapan Pemotongan Suku Bunga

Sektor real estate adalah dalam sorotan pada hari Jumat, naik hampir 3 persen sebagai pertempuran profil tinggi untuk menguasai pengembang Cina Vanke.

Saham Vanke melonjak 6,5 persen di Shenzhen setelah pengumuman yang menyaingi Cina Evergrande Grup telah membeli saham hampir 5 persen.

China Calxon Group, yang mayoritas dimiliki oleh Evergrande, melonjak 10 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati ekonomi Tiongkok. Jika malam ini data Non Farm Payrolls AS menguat, akan semakin menekan bursa. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2873-2765 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3074-3198.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

[td_block3 category_id=”8131″ limit=”3″custom_title=”ADVERTORIAL” ajax_pagination=”next_prev”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here