Klaim Awal Tunjangan Pengangguran AS Meningkat

303

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran secara tak terduga naik minggu lalu, sementara pengurangan pekerjaan baru di sektor energi mendorong PHK diumumkan oleh pengusaha AS pada bulan Juli.

Meskipun meningkat, pasar tenaga kerja tetap sehat dan mungkin akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi untuk sisa tahun ini. Sementara data lain pada Kamis menunjukkan pesanan barang pabrik turun untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Juni, sebagian besar pada melemahnya permintaan untuk peralatan transportasi, ada tanda-tanda pemotongan belanja di sektor energi yang berkurang.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 3.000 ke disesuaikan musiman menjadi 269.000 untuk pekan yang berakhir 30 Juli, kata Departemen Tenaga Kerja. Para ekonom telah memperkirakan klaim awal tergelincir ke 265.000 pada minggu terakhir.

Klaim kini telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan pasar tenaga kerja yang kuat, untuk 74 minggu berturut-turut, beruntun terpanjang sejak 1973. Dengan pasar tenaga kerja dianggap baik pada atau mendekati kesempatan kerja penuh, mungkin ada ruang lingkup terbatas untuk penurunan lebih lanjut di klaim.

Melalui gyrations, tren dalam klaim tetap konsisten dengan kekuatan pasar pekerjaan. Empat minggu rata-rata bergerak klaim, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena besi keluar volatilitas minggu-ke-minggu, naik 3.750 ke 260.250 minggu lalu.

Data klaim tidak berdampak pada laporan kerja bulan Juli, dijadwalkan akan dirilis pada hari Jumat, karena berada di luar periode survei. Menurut jajak pendapat Reuters ekonom, nonfarm payrolls mungkin meningkat sebesar sehat 180.000 pekerjaan pada bulan Juli setelah melonjak 287.000 bulan sebelumnya.

Lompatan Juni di keuntungan pekerjaan dipandang sebagai pertumbuhan ekonomi lemah tidak berkelanjutan. Kekuatan pasar tenaga kerja adalah meningkatkan belanja konsumen, yang diharapkan dapat membantu perekonomian kembali kecepatan setelah pertumbuhan mengerem untuk tingkat tahunan 1,0 persen rata-rata dalam tiga kuartal terakhir.

Dalam laporan terpisah, konsultasi outplacement global yang Challenger, Gray & Christmas mengatakan pengusaha di AS mengumumkan rencana untuk melepaskan 45.346 pekerja dari gaji mereka pada bulan Juli, naik 19 persen dari bulan Juni.

Meskipun peningkatan bulanan kedua berturut-turut, PHK yang 57 persen lebih rendah dari pada bulan Juli tahun lalu. PHK di sektor energi melonjak 796 persen menjadi 17.725 bulan lalu.

“Ini agak tak terduga mengingat proyeksi terbaru dari kenaikan harga minyak dan kekurangan tenaga kerja mungkin dalam industri ini,” kata John Challenger, chief executive officer di Challenger, Gray & Christmas.

Dalam laporan ketiga, Departemen Perdagangan mengatakan pesanan baru untuk barang-barang manufaktur menurun 1,5 persen pada Juni setelah jatuh 1,2 persen pada Mei. Pesanan untuk mesin naik 0,2 persen, dengan pesanan untuk mesin, ladang minyak dan mesin lapangan gas melonjak 207,9 persen setelah kubah 139,1 persen di bulan Mei.

Pesanan untuk barang modal non-pertahanan tidak termasuk pesawat meningkat 0,4 persen pada Juni bukannya kenaikan 0,2 persen yang dilaporkan bulan lalu. Ini disebut barang modal inti dipandang sebagai ukuran kepercayaan bisnis dan belanja peralatan.

Penurunan langsung dalam persediaan dan berkelanjutannya kelemahan dalam pengeluaran bisnis membebani pertumbuhan PDB pada kuartal kedua, dengan produksi meningkat pada 1,2 persen tingkat tahunan hangat setelah meningkat pada kecepatan 0,8 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Perkiraan pertumbuhan awal melaporkan pekan lalu bisa direvisi menjadi sekitar kecepatan 1,0 persen, ekonom mengatakan, sebagai laporan pesanan pabrik menunjukkan persediaan barang tahan lama lebih rendah pada bulan Juni dari pemerintah telah diasumsikan dalam laporan GDP.

Barang pabrik turun 0,1 persen pada Juni. Persediaan telah menurun dalam 13 dari 14 bulan terakhir. Pengiriman meningkat 0,7 persen. Yang menurunkan rasio persediaan-ke-pengiriman ke 1,35 dari 1,36 pada bulan Mei.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here