Bursa Eropa Bergerak Positif Terdukung Penguatan Bursa Asia dan Data NFP AS

351

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada perdagangan hari Senin (08/08) terdukung kenaikan data pekerjaan AS namun investor tetap berhati-hati setelah data perdagangan Tiongkok yang lemah dan mempertimbangkan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve tahun ini.

Indeks FTSE berada pada 6.829,01, naik 35.54 poin atau 0,52%

Indeks DAX berada pada 10.452,14, naik 84,93 poin atau 0,82%

Indeks CAC berada pada 4.434,95, naik 24.40 poin atau 0,55%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.614,70, naik 75,30 poin atau 0,88%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,33 persen.

Pasar saham Asia secara luas diperdagangkan lebih tinggi meskipun ekspor Juli Tiongkok jatuh 4,4 persen tahun-ke tahun-on dan impor menurun 12,5 persen.

Lihat : Surplus Perdagangan Tiongkok Juli Naik Tertinggi 6 Bulan, Ekspor Melemah 4 Bulan Berturut

Sentimen positif masih didukung oleh laporan pekerjaan AS yang kuat pada hari Jumat yang menunjukkan ekonomi terbesar dunia menambahkan 255.000 pekerjaan, mengalahkan ekspektasi dan meningkatkan kemungkinan bahwa Fed bisa menaikkan suku bunga tahun ini.

Lihat : Non Farm Payrolls dan Upah Naik Diatas Perkiraan, Proyeksi Kenaikan Suku Bunga AS Menguat

Sektor perbankan membantu menarik saham Eropa lebih tinggi. Saham Barclays rally setelah Exane BNP Paribas tajam menaikkan target harga untuk saham bersama dengan HSBC yang juga di zona positif.

Pemberi pinjaman Italia sekali lagi dalam fokus setelah angka keluar membuat negara bertindak bagaimana menangani portofolio besar kredit macet yang dimiliki oleh bank. Saham Mediobanca lebih tinggi setelah Kepler Cheuvreux menaikkan target harga untuk saham. Vincent Bollore adalah mencari untuk meningkatkan saham di Mediobanca untuk 22-23 persen secara tidak langsung mengontrol asuransi Generali, menurut La Stampa. Saham Generali juga lebih tinggi.

Sementara itu, kepala eksekutif dari Banca Monte dei Paschi di Siena Fabrizio Viola mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Il Messaggero, Minggu bahwa rencana penyelamatan bank adalah “solusi yang tepat”. Rencananya melibatkan penjualan kredit macet untuk kendaraan tujuan khusus yang didukung oleh investor swasta serta dana Atlante didukung negara. Saham BMPS diperdagangkan lebih tinggi.

Saham sumber daya dasar rally meskipun data perdagangan Tiongkok yang lemah. Tapi pengeboran menunjukkan impor bijih besi Tiongkok naik 8,3 persen bulan ke bulan pada bulan Juli untuk mencapai tertinggi kedua pada catatan. Ini membantu raksasa pertambangan bijih besi Rio Tinto dan BHP Billiton diperdagangkan lebih tinggi.

Namun ekspor baja pada bulan Juli jatuh namun ekspor masih tetap tinggi, yang mendukung harga saham Arcelor Mittal, Senin.

Tapi penambang logam mulia Fresnillo adalah sedikit lebih rendah karena harga emas turun sedikit.

Di antara penggerak besar lainnya hari itu Dutch mail dan perusahaan pengiriman paket PostNL yang rally lebih dari 10 persen setelah mengkonfirmasi prospek untuk 2016 dan mengatakan mereka mengharapkan untuk melanjutkan pembayaran dividen pada tahun 2017.

Pengecer Jerman Hugo Boss dekat bagian bawah STOXX 600 setelah SocGen menurunkan target harga untuk saham, dan Credit Suisse dan beberapa broker lain menurunkan target harga mereka untuk obat raksasa Novo Nordisk, mengirimkan saham perusahaan ke wilayah negatif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif setelah data Non Farm Payrolls AS menguat yang memberikan dorongan penguatan bursa global.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here