Bursa Shanghai 8 Agustus Berakhir Naik Tembus Level 3000

354
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (08/08), indeks Shanghai berakhir naik 28,02 poin, atau 0,94 persen, ke 3004.72. Penguatan indeks terdukung kinerja positif saham batubara dan property mengimbangi melemahnya data perdagangan Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 8 Agustus Dibuka Turun Dibayangi Pelemahan Ekonomi

Surplus perdagangan Tiongkok melebar ke tertinggi enam bulan pada bulan Juli, dengan merosot tajamnya impor dan ekspor masih terus menurun empat bulan berturut yang bisa menyebabkan masalah untuk ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Surplus perdagangan Tiongkok mencapai US $ 52.3 miliar pada bulan Juli dari $ 48.11 miliar bulan sebelumnya, datang lebih besar dari perkiraan pasar dari $ 48,00 miliar.

Impor anjlok 12,5% year-on-year pada bulan Juli, hampir dua kali lipat penurunan yang diperkirakan oleh analis.

Ekspor juga jauh lebih lemah dari yang diperkirakan, meluncur 4,4% dibandingkan periode yang sama, menandai bulan keempat berturut-turut ekspor telah jatuh. Pasar memperkirakan pada kenaikan 3,2% di ekspor pada bulan Juli.

Lihat : Surplus Perdagangan Tiongkok Juli Naik Tertinggi 6 Bulan, Ekspor Melemah 4 Bulan Berturut

Tapi sentimen pasar terangkat oleh lonjakan saham batubara, setelah laporan bahwa pinjaman oleh tujuh penambang batubara besar di Shanxi akan diperpanjang ke pinjaman khusus menengah hingga jangka panjang, karena pemerintah membantu sektor tersebut bertahan.

Saham penambang batubara utama termasuk Xishan Coal and Electricity Power, Luan Environmental Energy dan Yanzhou Coal semua melompat 10 persen.

Sementara itu, sektor real estate mempertahankan momentum kuat ke atas, mendapatkan 2,4 persen, sebagai akuisisi saham yang melibatkan Vanke memberikan sentimen positif. Vanke, yang melonjak sekitar 17 persen dua sesi terakhir pada berita pembelian saham diikuti oleh kenaikan rivalnya Evergrande yang melonjak 4,4 persen.

Esok hari akan dirilis data inflasi Tiongkok, yang secara bulanan diindikasikan meningkat, namun secara tahunan melemah. Untuk PPI tahunan diindikasikan masih dalam angka negatif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2904-2804 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3113-3229.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here