Cadangan Devisa Tiongkok Juli Turun Tipis Menjadi $ 3,2 Triliun

406

Cadangan devisa Tiongkok jatuh ke US $ 3.2 triliun (HK $ 24,06 triliun) pada bulan Juli, data bank sentral, sejalan dengan ekspektasi analis. Ekonom telah memperkirakan cadangan akan jatuh ke US $ 3,2 triliun dari US $ 3,21 triliun pada akhir Juni.

Cadangan naik US $ 13,4 miliar pada bulan Juni, rebound dari level terendah lima tahun pada Mei.

china-foreign-exchange-reserves (4)

Cadangan emas Tiongkok naik menjadi US $ 78,89 miliar, naik dari US $ 77,43 miliar pada akhir Juni, situs Bank Rakyat Tiongkok menunjukkan.

Net penjualan valuta asing oleh Bank Rakyat Tiongkok pada bulan Juni melonjak ke tertinggi dalam tiga bulan, karena berusaha untuk melindungi yuan dari volatilitas yang disebabkan oleh keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Regulator valuta asing mengatakan Tiongkok akan mampu menjaga modal lintas batas mengalir diberikan dasar-dasar yang stabil yang relatif pada ekonomi, surplus neraca berjalan yang solid dan cadangan devisa yang cukup.

Cadangan devisa Tiongkok turun US $ 513 miliar tahun lalu setelah mendevaluasi yuan pada bulan Agustus, memicu banjir arus keluar modal.

Yuan telah mereda 2 persen tahun ini dan melayang dekat posisi terendah enam tahun, namun data menunjukkan pelarian modal spekulatif adalah di bawah kontrol untuk saat ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here