Indeks Shanghai 8 Agustus Dibuka Turun Dibayangi Pelemahan Ekonomi

484
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (08/08), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau turun -9,53 poin atau -0,32 persen pada 2.967,16. Pelemahan Indeks Shanghai masih dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok.

Lihat : Bursa Shanghai 5 Agustus Berakhir Lemah; Mingguan Turun 0,2 Persen

Pelemahan ekonomi Tiongkok terus membayangi indeks Shanghai. Cadangan devisa Tiongkok untuk bulan Juli turun tipis.

Cadangan devisa Tiongkok jatuh ke US $ 3.2 triliun (HK $ 24,06 triliun) pada bulan Juli, data bank sentral, sejalan dengan ekspektasi analis. Ekonom telah memperkirakan cadangan akan jatuh ke US $ 3,2 triliun dari US $ 3,21 triliun pada akhir Juni.

Cadangan naik US $ 13,4 miliar pada bulan Juni, rebound dari level terendah lima tahun pada Mei.

Lihat : Cadangan Devisa Tiongkok Juli Turun Tipis Menjadi $ 3,2 Triliun

Kekuatiran ekonomi masih membayangi dengan masih belum adanya sinyal positif pelonggaran kebijakan.

Kebijakan prudent memberikan sentimen bahwa Bank Sentral Tiongkok akan berhati-hati dalam pelonggaran stimulus, sehingga menurunkan harapan pemotongan suku bunga.

Di tengah harapan untuk pelonggaran moneter lebih lanjut, bank sentral Tiongkok menegaskan pihaknya berencana untuk mempertahankan kebijakan moneter “prudent” atau berhati-hati tahun ini.

The People`s Bank of China mengatakan akan menggunakan beberapa alat untuk menjaga likuiditas pada tingkat yang cukup banyak dan mempertahankan pertumbuhan kredit yang wajar di babak kedua, menurut sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu setelah pertemuan Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan diadakan dengan kepala cabang lokal. Kebijakan moneter akan tetap prudent, dengan fleksibilitas dan fine-tuning saat yang tepat, kata pernyataan itu.

Lihat : Kebijakan Prudent Bank Sentral Tiongkok Menurunkan Harapan Pemotongan Suku Bunga

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak lemah mencermati perkembangan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2873-2765 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3074-3198.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here