Kondisi Dollar AS Sesi Asia 8 Agustus Terpukul Profit Taking

292

Mengawali perdagangan forex pekan ini yang dimulai pada sesi Asia Senin (8/8) dollar AS dbuka lebih rendah oleh profit taking pasar setelah akhir pekan lalu berhasil rally 3 hari berturut. Terpantau pagi ini di pasar spot dollar dominan melemah terhadap rival-rival utamanya kecuali terhadap yen dan kurs komoditas.

Dollar berhasil rally selama 3 hari berturut pekan lalu merespon rilis data NFP AS bulan Juli yang naik diatas harapan meskipun lebih rendah dari peningkatan data periode sebelumnya. Data yang menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja AS yang lumayan memberikan sinyal kuat bagi ekspekatasi kenaikan Fed rate dalam waktu dekat.

Untuk pergerakan hari ini, dari Amerika tidak ada data yang signifikan mempengaruhi dollar namun di pasar Eropa akan ada data ekonomi sebagai fundamental rivalnya di kawasan Eropa yang diperkirakan mengangkat kurs euro dan poundsterling.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia bergerak negatif  setelah dibuka lebih rendah pada posisi 96.25  dan bergulir pada posisi 96.16. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS naik  hingga  0,6 persen lebih.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here