Lowongan Pekerjaan Australia Juli Merosot

413

Iklan lowongan kerja Australia jatuh pada bulan Juli, menunjukkan bahwa pelemahan kondisi pasar tenaga kerja awal tahun ini kemungkinan akan bertahan dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut survey iklan lowongan kerja bulanan ANZ, Senin (08/08), jumlah iklan turun 0,8% ke 157.278 setelah penyesuaian musiman, melihat tingkat pertumbuhan persentase tahunan lambat untuk 6,9% dari 8,0% pada bulan Juni.

australia-job-advertisements

Sedangkan iklan lowongan kerja internet dan surat kabar juga jatuh.

Iklan lowongan kerja melalui internet yang saat ini memiliki sebagian besar dari jumlah iklan, tergelincir 0,7% menjadi 155.491, meninggalkan tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun pada 7,9%.

Sedangkan iklan lowongan kerja melalui koran terus runtuh, merosot 12,6% menjadi hanya 1.787, meninggalkan penurunan tahunan pada kekalahan 41,7%.

Pada tren saat ini, tampaknya hanya masalah waktu, iklan lowongan kerja koran diperkirakan akan hilang selamanya.

Mengomentari hasil Juli, Felicity Emmett, kepala ekonomi Australia di ANZ, menyarankan bahwa ketidakpastian yang dihasilkan dari pemilihan federal Australia dan referendum Brexit Inggris mungkin telah berkontribusi terhadap penurunan permintaan karyawan.

Namun, mengingat bahwa kekhawatiran atas kedua hasil tampaknya telah hilang secepat itu, Emmett percaya bahwa perlambatan dalam iklan bisa berbalik di bulan depan.

“Dampak ini tampaknya telah berumur pendek, dengan iklan pekerjaan mengambil selama bulan Juli,” tulisnya, menunjukkan bahwa telah ada “efek berkelanjutan kecil dari peningkatan ketidakpastian pada bisnis dan kepercayaan konsumen”.

“Dengan kondisi bisnis yang disurvei tetap optimis dan RBA memangkas suku pada bulan Agustus, kita mencari perbaikan secara bertahap dalam pekerjaan selama sisa tahun ini.”

Setelah masa kekuatan di paruh kedua tahun 2015, kondisi pasar tenaga kerja Australia telah didinginkan tahun ini dengan tingkat mempekerjakan melambat tajam, meninggalkan tingkat pengangguran sekitar 5,75%.

Kerja paruh waktu telah membuat sebagian besar pertumbuhan pekerjaan baru-baru ini, yang mengarah ke peningkatan kadar pengangguran yang pada gilirannya, menyebabkan perlambatan pertumbuhan upah.

The Australian Bureau of Statistics akan merilis indeks harga upah Juni Australia kuartalan pada hari Rabu minggu depan. Yang akan diikuti hari kemudian oleh laporan pekerjaan Juli Australia.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here