Produksi Industri Jerman Juni Rebound

367

Produksi industri Jerman naik sedikit lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juni, dengan dorongan dan pandangan manufaktur tertutup oleh keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa menekan konsumsi swasta untuk mendorong pertumbuhan di ekonomi terbesar Eropa tersebut.

Produksi industri naik 0,8% pada bulan itu, data dari Kementerian Ekonomi menunjukkan pada Senin (08/08), di atas perkiraan konsensus 0,7% dalam jajak pendapat Reuters. Pembacaan Mei direvisi naik dengan penurunan sebesar 0,9%.

germany-industrial-production-mom (3)

Rebound Juni kuartal kedua lemah ketika perlambatan dalam konstruksi, setelah musim dingin yang sejuk, menahan produksi. Pada kuartal kedua secara keseluruhan, produksi industri kontraksi sebesar 1%.

“Mengingat perkembangan lemahnya pesanan yang masuk, pengembangan ke atas agak moderat di sektor industri yang diperkirakan dalam beberapa bulan mendatang,” kata Kementerian Ekonomi dalam sebuah pernyataan.

Ekonomi Jerman diperluas oleh 0,7% pada kuartal pertama, lebih dari dua kali lipat tingkat pertumbuhan sebagai negara yang lebih tinggi dan pengeluaran rumah tangga, serta meningkatnya investasi pada konstruksi dan barang modal mengimbangi penurunan dari perdagangan luar negeri.

Perdagangan luar negeri, sebelumnya mesin pertumbuhan Jerman, terlihat tidak mungkin untuk menyuntikkan dinamisme segar ke perekonomian sebagai pengembangan sederhana dalam pesanan dan ketidakpastian yang dihasilkan oleh keputusan Inggris pada bulan Juni untuk meninggalkan hambatan prospek perdagangan Uni Eropa.

“Peningkatan ketidakpastian tentang masa depan Eropa dan zona euro di tengah suara Brexit harus dalam pandangan kami menurunkan tanda aktivitas industri Jerman selama beberapa bulan mendatang,” kata ekonom ING Carsten Brzeski.

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan pertumbuhan% 0,3 pada ekonomi Jerman pada kuartal kedua, angka untuk yang akan dirilis pada 12 Agustus.

Kementerian Ekonomi mengatakan penurunan 4,3% dalam produksi konstruksi pada kuartal kedua adalah terkait setelah cuaca musim dingin yang sejuk, tetapi bahwa kondisi untuk sektor ini tetap positif.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here