Rupiah Senin Siang Berusaha Keluar Zona Merah

314

Kurs rupiah yang dibuka lebih rendah pada awal perdagangan berbalik arah keluar dari zona merah oleh pergerakan positif rupiah ditengah sentimen kuatnya fundamental dollar melawan semua rival utamanya. Pasar mencoba mencerna kondisi mantapnya perdagangan investasi tanah air dengan imbal hasil yang sangat lumayan dari pasar lainnya didunia.

Optimisme investor asing masih cukup tinggi menunjang pergerakan indeks bursa saham yang bergerak cukup mengesankan sehingga memberi keuntungan bagi bursa saham Indonesia. Sejak pagi net buy investor asing terus bertambah dan kini tercatat net buy Rp360 miliar.  Dorongan capital inflow ini menambah tenaga rally IHSG yang  akhiri sesi pertama dengan penguatan indeks  0,4%.

Lihat: IHSG 8 Agustus Sesi 1 Bergerak Naik, Raih 300 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,01% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13110/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13154/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah  ke  13144  dari  posisi 13125 perdagangan hari Kamis (4/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13210  setelah perdagangan sebelumnya 13191 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi lemah hingga akhir perdagangan  oleh penguatan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13169 resistance  13078.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here