S&P Naikkan Peringkat Kredit Korea Selatan Pada “AA”, Lebih Tinggi dari Tiongkok dan Jepang

378

Lembaga pemeringkat global S & P mengumumkan pada hari Senin (08/08) untuk menaikkan peringkat sovereign Korea Selatan untuk “AA” dari “AA-” dengan proyeksi jangka panjang “stabil”, mengutip pertumbuhan yang stabil dari ekonomi, peningkatkan kondisi keuangan eksternal dan upaya kebijakan fiskal dan moneter yang cukup.

“Peningkatan mencerminkan penilaian kami bahwa catatan yang kuat Korea untuk pertumbuhan yang stabil telah menghasilkan ekonomi sejahtera, fleksibilitas fiskal dan moneter yang lebih besar, dan perbaikan terus menerus dalam metrik eksternal,” S & P mengatakan dalam laporannya.

“Meskipun pertumbuhan PDB Korea dalam tiga sampai lima tahun ke depan akan lebih lambat dari pertumbuhan sebelum krisis keuangan global 2008, kami yakin prospeknya unggul daripada ekonomi yang paling maju.”

Kenaikan terbaru di peringkat sovereign kredit Korea membuat negara paling kredibel di antara negara Asia Timur dibandingkan dengan Tiongkok dan Jepang. Cina diberi AA- negatif, dan Jepang mendapat nilai A +.

Peningkatan telah terjadi hanya dalam 11 bulan sejak S & P, salah satu dari tiga lembaga pemeringkat kredit internasional, mengangkat tingkat rating kredit Korea ke AA- stabil dari A + pada September lalu.

Tingkat AA adalah tertinggi ketiga di antara 21 tingkat rating oleh lembaga tersebut, dan menempatkan Korea pada kelompok yang sama dengan Inggris dan Perancis. Hal ini lebih menggembirakan bahwa Korea diberi prospek yang lebih baik dari dua negara Eropa dengan pandangan “negatif”.

Korea diberi ‘AA2’ Desember lalu oleh Moody, tingkat setara dengan S & P AA. Fitch memberikan AA- negara. Ketiga penilai kredit telah memberikan Korea peringkat lebih tinggi dari Tiongkok dan Jepang.

“Ini adalah keputusan yang sangat mengejutkan oleh S & P, mengingat bahwa badan tersebut telah merendahkan peringkat sovereign ekonomi utama hari ini,” kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan.

S & P menyesuaikan prospek untuk Australia dari ‘stabil’ menjadi “negatif” pada bulan Juli. Ini menurunkan tingkat Inggris oleh dua tingkat dari AAA ke AA pada bulan Juni setelah referendum untuk meninggalkan Uni Eropa.

“Ini juga merupakan pengumuman belum pernah terjadi sebelumnya, karena dalam kasus normal, penyesuaian di proyeksi negara mendahului perubahan dalam peringkat kredit,” kata kementerian itu.

Sementara itu, rata-rata proyeksi S & P untuk PDB Korea per kapita naik di atas $ 30.000 dalam 2019, dari sekitar $ 27.000 pada tahun 2016, tumbuh sebesar 2,6 persen per tahun, lebih tinggi dari kisaran khas 0,3 persen menjadi 1,5 persen di sebagian besar negara-negara berpenghasilan tinggi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here