Bursa Saham Eropa 9 Agustus Bergerak di Zona Positif

263

Bursa Saham Eropa membalikkan kerugian awal untuk perdagangan sedikit lebih tinggi pada Selasa (09/08), tapi investor tetap berhati-hati di tengah mundurnya harga minyak dan pasar AS ditutup semalam lebih rendah.

Indeks FTSE berada pada 6.822,83, naik 13,70 poin atau 0,20%

Indeks DAX berada pada 10.476,62, naik 44,26 poin atau 0,42%

Indeks CAC berada pada 4.436,01, naik 20,55 poin atau 0,47%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.588,40, naik 25.90 poin atau 0,30%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik sekitar 0,26 persen.

Pasar Eropa telah bergerak lebih tinggi karena keputusan Brexit pada akhir Juni menyebabkan gejolak di pasar keuangan dengan pelonggaran kebijakan moneter dari bank sentral di kawasan membantu saham. Pekan lalu, Bank of England memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari tujuh tahun, dari 0,5 persen menjadi 0,25 persen. Sementara itu, lebih kuat dari perkiraan jumlah pekerjaan AS pada bulan Juli bisa membantu The Fed untuk kenaikan suku bunga, yang berlawanan dengan kebijakan moneter yang lebih longgar di Eropa, yang menekan saham AS pada hari Senin.

Pada saat yang sama, pasar telah didukung oleh kenaikan harga minyak pada hari Senin yang didorong oleh komentar dari pejabat OPEC menunjukkan bahwa pembekuan produksi minyak bisa dibahas di sela-sela konferensi energi di Aljazair pada akhir September. Nmaun kedua patokan minyak mentah Brent dan minyak mentah AS melemah pada Selasa membebani sentimen investor di Eropa.

Investor juga akan mengawasi data manufaktur dari U.K. yang akan memberikan gambaran tentang efek lanjutan yang Brexit apakah menekan pada perekonomian

Dalam berita perusahaan, perusahaan perekrutan Belanda Randstad mengumumkan rencana untuk membeli AS saingan Monster senilai $ 429 juta. Saham Randstad yang sedikit lebih rendah.

Perusahaan pengiriman bahan makanan secara online Ocado diperdagangkan lebih tinggi setelah menandatangani kontrak dengan supermarket Inggris WM Morrison yang akan memungkinkan untuk memperluas rumah pengiriman seluruh U.K.

Dan pada sisi pendapatan, komoditas perusahaan Amec Foster Wheeler melaporkan kerugian sebelum pajak £ 446 juta ($ 579.400.000) pada semester pertama 2016 dibandingkan dengan keuntungan £ 73 juta dalam waktu yang sama tahun lalu, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Belanda Altice berada di atas STOXX 600, naik hampir 8 persen setelah melaporkan kenaikan laba inti kuartal kedua dan mengkonfirmasi proyeksi 2016-nya.

The U.K.’s Worldpay juga salah satu pemain top setelah melaporkan laba inti pada semester pertama tahun ini. Worldpay menguat di London Stock Exchange tahun lalu.

Perusahaan perhiasan Denmark Pandora tenggelam lebih dari 5 persen setelah kuartal kedua laba bersih di bawah perkiraan analis.

Dan penyedia ruang kantor Regus melaporkan lebih dari 10 persen kenaikan tahun-ke-tahun pada setengah pendapatan pertama dan kenaikan dividen interim, namun investor kecewa, mengirimkan saham jauh ke dalam wilayah negatif.

Legal and General berada di zona merah meskipun melaporkan kenaikan hampir 10 persen pada semester pertama laba operasi.

Saham Standard Life diberi dorongan setelah asuransi dan aset manager Inggris ini mengatakan aset babak pertama di bawah administrasinya naik 7 persen, sementara itu juga meningkatkan dividennya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data ekonomi kawasan Eropa, harga minyak mentah dan bursa Wall Street untuk pergerakan selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here