Rupiah Selasa Siang Belum Mampu Kalahkan Dollar

280

Kurs rupiah yang dibuka lebih rendah pada awal perdagangan hari Selasa (9/8) masih bergerak negatif hingga akhir perdagangan siang oleh sentimen penguatan dollar AS yang signifikan melawan rival utamanya. Untuk pergerakan pasar valas kawasan Asia banyak yang alami penguatan melawan dollar AS.

Meskipun rupiah melemah, semangat investor asing koleksi saham-saham unggulan bursa Indonesia masih terus berlangsung, dimana sejak pagi net buy investor asing terus bertambah dan kini tercatat net buy Rp277 miliar.  Dorongan capital inflow ini masih belum mampu memberikan  tenaga bagi IHSG yang  masih ditekan hingga anjlok 0,3%.

Lihat: IHSG 9 Agustus Sesi 1 Tertekan Profit Taking Investor Lokal

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,08% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13134/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13127/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat  ke  13133  dari  posisi 13144 perdagangan hari Senin (8/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13199  setelah perdagangan sebelumnya 13210 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi lemah hingga akhir perdagangan  oleh penguatan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13139 resistance  13117.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here