Surplus Perdagangan Jerman Juni Melebar

381

Surplus perdagangan Jerman melebar pada bulan Juni, bahkan melebihi estimasi analis, Kantor Statistik Federal Jerman melaporkan pada hari Selasa (09/08).

Surplus perdagangan pada ekonomi terbesar di zona euro meningkat menjadi EUR 24,9 miliar selama bulan keenam tahun ini, dari EUR 21,0 miliar di bulan Mei, sementara analis telah memprediksikan EUR 23,8 miliar.

germany-balance-of-trade (3)

Untuk periode Januari-Juni 2016, surplus perdagangan mencapai EUR 130,8 miliar, naik dari EUR 123,4 miliar terdaftar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Ekspor naik 0,3% secara bulanan setelah menurun 1,8% sebelumnya. Namun, pasar mengharapkan kenaikan 1,3%.

Impor menambahkan 1,0% dibandingkan periode yang dilaporkan, dibandingkan dengan kenaikan 0,1% pada bulan Mei. Ekonom telah memperkirakan hanya kenaikan 0,3%.

Sebuah surplus perdagangan adalah ukuran ekonomi dari keseimbangan positif dalam perdagangan, di mana ekspor suatu negara melebihi impornya.

Sebuah surplus perdagangan merupakan arus masuk bersih dari mata uang domestik dari pasar luar negeri dan merupakan kebalikan dari defisit perdagangan, yang merupakan arus keluar bersih.

Menyeimbangkan perdagangan internasional merupakan faktor ekonomi yang penting bagi negara; ketika bangsa memiliki surplus perdagangan, ekspor melebihi impor selama periode waktu tertentu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here