Bursa Eropa Berakhir Positif Terdukung Peningkatan Laba Emiten

399

Bursa Saham Eropa berakhir dengan catatan positif pada akhir perdagangan Selasa malam setelah beberapa laba besar perusahaan naik mengalahkan ekspektasi.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berakhir naik 0,92 persen, dengan hampir semua sektor membukukan keuntungan pada penutupan.

Indeks DAX Jerman melompat 2,5 persen, dibantu oleh kinerja yang kuat di saham mobil Jerman.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.851,30, naik 42,17 poin atau 0,62%

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.692,90, melonjak 260,54 poin atau 2,50%

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.468,07, naik 52,61 poin atau 1,19%

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.665,40, naik 102,90 poin atau 1,20%

Di sisi pendapatan, Amec Foster Wheeler melaporkan kerugian sebelum pajak £ 446 juta ($ 579.400.000) pada semester pertama 2016 dibandingkan dengan keuntungan £ 73 juta dalam waktu yang sama tahun lalu. Namun, saham berakhir di dekat bagian atas STOXX 600, naik 11,7 persen.

Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Belanda Altice adalah pemain terbaik STOXX 600, melonjak hampir 15 persen setelah melaporkan kenaikan laba inti kuartal kedua dan menguatkan proyeksi 2016-nya.

The U.K.’s Worldpay juga melonjak 3,2 persen setelah melaporkan laba inti mengalahkan perkiraan untuk semester pertama tahun ini. Worldpay melayang di Bursa Efek London pada tahun 2015.

Perusahaan perhiasan Denmark Pandora tenggelam sebanyak 5 persen setelah laba bersih kuartal kedua sesuai ekspektasi analis. Saham dikupas kerugian selanjutnya, untuk menutup lebih dari 4 persen ke bawah.

Legal and General tenggelam 5,5 persen, meskipun melaporkan kenaikan hampir 10 persen pada semester pertama laba operasi.

Saham Standard Life diberi dorongan tajam setelah perusahaan asuransi dan aset manager British mengatakan aset di bawah administrasi babak pertamanya naik 7 persen, sementara itu juga meningkatkan dividennya. Saham melonjak lebih dari 6,5 persen.

Secara keseluruhan, musim laba kuartal kedua telah meyakinkan untuk Eropa sejauh ini. Dari 77 persen dari perusahaan-perusahaan dalam indeks STOXX 600 yang telah melaporkan, 61 persen telah baik berada di atas atau mencapai perkiraan, menurut Reuters, mengutip data StarMine.

Dalam berita perusahaan lain, perusahaan perekrutan Belanda Randstad mengumumkan rencana untuk membeli AS saingan Monster senilai $ 429 juta. saham Randstad membalikkan kerugian awal untuk menyelesaikan lebih tinggi.

Perusahaan pengiriman bahan makanan secara online Ocado melonjak sekitar 6,8 persen setelah menandatangani kesepakatan dengan supermarket Inggris WM Morrison, yang akan memungkinkan untuk memperluas rumah pengiriman seluruh U.K. WM Morrison juga ditutup naik tajam.

Pasar Eropa telah bergerak lebih tinggi karena keputusan Brexit pada akhir Juni menyebabkan gejolak di pasar keuangan.

Pekan lalu, Bank of England memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari tujuh tahun, dari 0,5 persen menjadi 0,25 persen.

Pada hari Selasa, sterling menunjukkan tanda-tanda kelemahan setelah Ian McCafferty, anggota eksternal Komite Kebijakan Moneter BoE, menulis dalam The Times bahwa Bank Sentral dapat memotong suku bunga lebih lanjut dan dorongan pembelian obligasi jika penurunan ekonomi di Inggris Raya diperdalam. Pada penutupan pasar Eropa, sterling turun 0,3 persen terhadap dolar AS, di $ 1,2997.

Pada saat yang sama, pasar telah mengamati fluktuasi harga minyak, karena kekhawatiran atas melimpahnya pasokan berjuang melawan harapan tindakan produser untuk menopang harga. Keduanya Brent dan minyak mentah AS berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian selama perdagangan Selasa, bimbang sekitar garis datar di dekat Eropa, diperdagangkan pada $ 45,32 dan $ 43,11 masing-masing.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan hasil laporan laba perusahaan yang menggembirakan. Namun juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street untuk pergerakan selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here