Bursa Shanghai 10 Agustus Ditutup Lemah Tertekan Saham Properti dan Pemeriksaan Perbankan

421
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (10/08), indeks Shanghai berakhir turun -6,39 poin, atau -0,21 persen, ke 3019.29. Pelemahan Indeks Shanghai tertekan penurunan tajam saham properti karena investor mengambil keuntungan dari enam hari kenaikan.

Lihat : Indeks Shanghai 10 Agustus Dibuka Lemah Tertekan Kekuatiran Pelemahan Ekonomi

Saham keuangan juga berada di bawah tekanan setelah regulator dikabarkan meluncurkan pemeriksaan kesehatan nasional pada industri perbankan, mengimbangi kekuatan dalam sumber daya dan bahan saham.

Pemeriksaan oleh regulator perbankan Tiongkok akan mencakup berbagai bidang bisnis termasuk deposito, pinjaman, tagihan dan manajemen kekayaan, National Business Daily melaporkan pada hari Rabu (10/08).

Secara terpisah, Caixin melaporkan bahwa regulator sekuritas Tiongkok telah mendesak perusahaan sekuritas, rumah dana dan broker futures untuk melakukan “self-inspections” pada bisnis manajemen kekayaan mereka.

Pada akhir perdagangan, sektor properti turun 2 persen. Bellwether Vanke, pengembang Tiongkok turun 3,5 persen.

Tapi saham batubara dan baja melonjak pada harga yang lebih tinggi dari sektor bahan, di tengah harapan bahwa Beijing akan meningkatkan upaya untuk mengurangi kelebihan kapasitas di sektor-sektor tersebut pada semester kedua tahun ini.

Esok hari akan dirilis data New Yuan Loans Juli, Outstanding Loan Growth YoY Juli, Money Supply M2 YoY Juli, yang semuanya diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak melemah jika ekonomi Tiongkok yang dirilis terealisir melemah. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2928-2827 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3121-3229.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here