Harga Minyak Mentah Turun Tipis, Sentimen Kelebihan Pasokan vs Pembicaraan OPEC Berlangsung

393

Harga minyak stabil pada perdagangan Asia Rabu pagi (10/08), dengan kelebihan pasokan global membebani pasar sementara pembicaraan dari pertemuan produsen potensial untuk membahas penguatan harga mendapatkan dukungan meskipun ditanggapi dengan skeptis oleh para analis.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 42,73 per barel pada 0031 GMT, turun 4 sen dari penutupan terakhir mereka, naik 3 sen dari penutupan terakhir mereka.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka internasional Brent berada di $ 45,01 per barel, naik 2 sen.

Para pedagang mengatakan bahwa pasar sedang terbebani oleh kelebihan pasokan berkelanjutan dalam produk bahan bakar kasar dan halus, dan bahwa pertemuan yang disarankan oleh produsen minyak tidak mungkin untuk menghasilkan pengetatan pasar yang signifikan.

“Minyak mereda lebih rendah pada putaran pembicaraan pembekuan produksi yang diusulkan oleh OPEC gagal untuk menggairahkan investor. Kenaikan di perkiraan produksi minyak AS oleh EIA juga membebani sentimen. EIA sekarang memperkirakan produksi AS untuk mencapai 8.310.000 barel per hari pada tahun 2017, naik dari perkiraan 8,2 juta barel per hari pada bulan Juli, “kata ANZ Bank pada hari Rabu.

Venezuela, anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), sedang mencoba untuk menggalang dukungan untuk pertemuan produsen untuk memutuskan tindakan yang akan menaikkan harga minyak.

“Kami secara aktif mempromosikan pertemuan produsen, yang kami perkirakan bisa berlangsung dalam beberapa minggu mendatang, sehingga OPEC dan negara-negara non-OPEC dapat duduk untuk melihat apa skenario untuk musim dingin,” menteri minyak Eulogio del Pino mengatakan pekan ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah tertekan sentimen kekenyangan global. Namun perlu dicermati pergerakan retreat dollar AS semalam dapat mendukung kenaikan harga. Juga sentimen pembicaraan OPEC yang jika menguat akan mengangkat harga minyak mentah.  Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 42,20 – $ 41,70, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 43,20 – $ 43,70.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here