Optimisme Konsumen Australia Agustus Rebound

304

Optimisme konsumen Australia naik 2,0% pada bulan Agustus dibandingkan Juli, dalam reaksi yang ditunjukkan untuk pemotongan suku bunga oleh bank sentral untuk rekor baru terendah pada pekan lalu.

Indeks sentimen konsumen The Westpac Melbourne Institute naik sebesar 2,0% pada Agustus dari Juli, demikian rilis pada hari Rabu (10/08).

australia-consumer-confidence (5)

Survei ini dilakukan selama empat hari pertama bulan Agustus, termasuk hasil Reserve Bank of Australia 2 Agustus yang menurunkan suku bunga dari 1,75% menjadi 1,5%.

“Respon terhadap perkembangan ini telah jauh lebih tenang daripada yang kita lihat pada bulan Mei ketika Bank lalu memangkas suku bunga,” kata Bill Evans, kepala ekonom di Westpac.

Pada bulan Mei, kepercayaan konsumen melonjak 8,5%, menurut survei Westpac.

Sentimen Politik mungkin telah memainkan peran pada pembacaan kepercayaan konsumen terbaru. Pemilihan federal baru-baru ini, yang membawa kembali koalisi Liberal-Nasional kepada pemerintah oleh mungkin mengkhawatirkan beberapa responden.

“Dengan pemerintah yang telah kembali dengan perbedaan tipis mayoritas satu kursi di DPR dan perubahan besar di Senat, responden juga mungkin agak tidak pasti tentang prospek masa depan di sekitar stabilitas politik potensial,” kata Evans.

Pemotongan suku bunga mungkin juga menekan kepercayaan di kalangan pensiunan yang bergantung pada pendapatan bunga untuk hidup.

“Sentimen Negatif itu mungkin telah diperkirakan menjadi lebih besar untuk responden yang memiliki utang yang rendah dan mengandalkan pendapatan bunga,” tambahnya.

“Namun, keputusan oleh bank untuk menaikkan beberapa suku bunga deposito mengikuti penurunan suku bunga RBA malah memberikan dorongan penting – sentimen di antara pensiunan khususnya mencatat kenaikan yang kuat 7%,” tambahnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here