Rupiah Rabu Rebound, 2 Triliun Modal Asing Menumpuk di Bursa

383

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Rabu (10/8), rupiah yang  berhasil menguat diawal perdagangan masih bertahan di zona penguatannya. Sesi siang penguatan rupiah sempat berada di kisaran 13000, namun sekarang kembali ke kisaran 13100.  Tenaga rebound rupiah hari ini didapat dari lemahnya tenaga dollar AS melawan rival-rival utamanya, hingga sore ini dollar terjun ke posisi terendah 5 hari.

Kekuatan rupiah sepanjang hari berhasil menambah dorongan investor asing kembali banjiri bursa saham lokal dengan banyak sekali dana segar. Net buy  asing yang terbentuk hingga akhir perdagangan mencapai Rp2,6 triliun. Menumpuknya modal asing di bursa seharian belum bisa mengangkat IHSG yang ditekan investor lokal hingga anjlok 0,3%.

Lihat: 12 Saham Unggulan Yang Gagal Hijaukan IHSG Rabu

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,11% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13113/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13110/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat  ke  13123  dari  posisi 13133 perdagangan hari Selasa (9/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13189  setelah perdagangan sebelumnya 13199.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif jika penurunan dollar AS terus berlanjut hinga akhir perdagangan.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here