Bank Sentral New Zealand Pangkas Suku Bunga, Kurs Kiwi Dollar Naik Tertinggi 1 Tahun

314

Mengamati pergerakan nilai mata uang New Zealand setelah di awal perdagangan bank sentral negeri tersebut umumkan kebijakan moneter terbarunya, dollar New Zealand atau biasa disebut kiwi dollar  naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu tahun. Pasalnya Reserve Bank of New Zealand (RBANZ)memangkas suku bunga seperti yang diharapkan, yang mengecewakan perkiraan banyak ekonom untuk   pelonggaran kebijakan lebih agresif.

RBANZ mengumumkan pagi ini suku bunganya dipangkas sebesar 25 basis poin ke rekor suku bunga terendah negeri tersebut yaitu di posisi 2% setelah sebelumnya berada di posisi 2,25% yang ditetapkan pada bulan Maret lalu. Bank Sentral New Zealand beralasan pemangkasan lebih lanjut suku bunganya tahun ini untuk mengangkat tingkat inflasi ke target yang sudah ditetapkan, selain itu tingginya kiwi dollar akan menghambat kinerja ekspor dan impor negeri tersebut.

Pergerakan kiwi dollar di sesi Asia (01:30:35 GMT) bergerak kuat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih tinggi  pada   0.7182 di   awal   perdagangan  sesi Asia (00.00 GMT),  kurs  kiwi dollar naik 91 pips  atau  0.9%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7273. Saat RBANZ umumkan pemangkasan, kiwi dollar sempat naik setinggi $ 0,7351, yang merupakan level tertinggi sejak Mei 2015.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair NZDUSD dapat naik kembali  ke kisaran  0.7340-0.7375. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut akan turun ke kisaran  0.7177.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here