BOK Pertahankan Suku Bunga Tetap, Membuka Harapan Perluasan Stimulus

412

Bank sentral Korea Selatan mempertahankan kebijakan suku bunga tetap untuk Agustus pada hari Kamis (11/08), memperpanjang modus “wait and see” untuk bulan kedua berturut-turut setelah mengirim suku bunga acuan ke rekor rendah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam langkah yang sudah diperkirakan secara luas, dewan kebijakan moneter dari Bank of Korea mempertahankan suku bunga acuan pada 1,25 persen pada Agustus.

south-korea-interest-rate (6)

Pada bulan Juni, bank sentral membuat penurunan suku bunga kejutan, dengan alasan perlu untuk mendukung perekonomian.

Ekspor negara ini telah jatuh setiap bulan sejak awal tahun lalu, sementara belanja lokal, pilar utama lain dari pertumbuhan untuk ekonomi terbesar keempat di Asia, juga tetap kurang. Pada periode Januari-Juni, harga konsumen negara itu naik hanya 0,9 persen, jauh dari target 2 persen bank sentral untuk periode 2016-2018.

Mempertimbangkan perkiraan permintaan buruk dari dalam dan di luar negeri, BOK memangkas prospek pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 2,7 persen dalam revisi kuartalan terbaru diumumkan bulan lalu. Prospek terbaru menandai titik 0,1 persen dipotong dari 2,8 persen tiga bulan sebelumnya.

Beberapa telah mencatat kebutuhan untuk penurunan suku bunga tambahan, tetapi banyak orang lain percaya BOK mungkin keluar dari ruang setidaknya untuk saat ini sebagai utang rumah tangga negara terus meningkat pada kecepatan rekor, sementara Federal Reserve AS diperkirakan akan menaikkan tingkat suku bunga sebelum akhir tahun ini.

Kredit rumah tangga, yang mencerminkan jumlah pinjaman oleh rumah tangga lokal, mencapai rekor tinggi 1,223.7 triliun won ($ 1,118.6 miliar) pada akhir Maret.

Dalam sebuah polling sebelumnya yang dilakukan oleh Yonhap Infomax, lengan berita keuangan dari Yonhap News Agency, 13 dari 14 ekonom yang disurvei memperkirakan BOK untuk menahan suku bunga pada bulan Agustus.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here