Saham TPIA Masuk Pengawasan Bursa, Melonjak 70% Dalam Sebulan

317

Disaat pergerakan saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)  masih bergerak rally masuki hari keenam berturut pada perdagangan sesi kedua hari Kamis (11/8), otoritas bursa saham memasukkan saham TPIA  dalam kategori UMA atau Unusual Market Activity. Bursa melihat  adanya aktifitas perdagangan dan  pergerakan harga saham yang tidak biasa dalam sebulan terakhir.

Terjadi lonjakan nilai saham yang sangat signfikan pada saham TPIA hingga 6 persen lebih pada tanggal 13 Juli 2016 dan sebelumnya saham bergerak flat dan kurang liquid. Setelah tanggal 13/7 saham terus melesat hingga perdagangan hari kemarin nilai saham TPIA sudah naik sekitar 70 persen lebih dalam waktu hampir sebulan perdagangan.

Mengenal kinerja keuangan perseroan terakhir, TPIA yang belum lama bagikan dividen  sebesar US$ 10,50 juta ke pemegang saham,  mencetak laba bersih sebesar US$ 35,4 juta di kuartal I 2016. Keuntungan perseroan ini telah meningkat 1000 persen lebih, dimana tahun sebelumnya hanya mendapatkan  US$ 2,8 juta.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan  bursa saham hari Kamis  (11/08) tampak saham TPIA masih  bergerak kuat setelah dibuka flat pada posisi 8000. Hingga siang ini volume saham yang sudah diperdagangkan mencapai seribu lot lebih.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal,  harga saham TPIA perdagangan  sebelumnya bullish  dengan indikator MA  naik dan  indikator Stochastic bergerak konsolidasi di area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dengan +DI bergerak naik yang menunjukan pergerakan TPIA rally kuat. Dengan kondisi teknikalnya, diprediksi laju TPIA masih bergerak naik  dan rekomendasi trading wait and see merespon sikap otoritas bursa.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here