Inflasi Jerman Juli Naik 3 Bulan Berturut

243

Harga konsumen di Jerman meningkat pada bulan Juli, demikian pembacaan resmi yang dikonfirmasi pada hari Jumat (12/08), namun inflasi masih jauh di bawah tingkat yang ditargetkan.

Inflasi di negara ekonomi terbesar zona Eropa ini naik 0,4% secara tahunan pada bulan ketujuh tahun ini, naik dari kemajuan 0,3% pada bulan Juni, kata Kantor Statistik Federal.

germany-inflation-cpi (3)

Sebuah pembacaan awal menunjukkan ukuran meningkat pada 0,4%, memenuhi perkiraan pasar. Ini adalah bulan ketiga berturut-turut ketika harga naik.

Pada basis bulanan, ukuran inflasi naik 0,3% selama bulan dilaporkan, naik dari 0,1% pada bulan sebelumnya.

Ukuran yang terpisah, khususnya dikembangkan untuk memungkinkan perbandingan antara angka inflasi Eropa – yang disebut Harmonized Index of Consumer Prices (HICP), menunjukkan inflasi meningkat 0,4% secara tahunan, dibandingkan dengan pertumbuhan bulan Mei 0,2%.

Diukur secara bulanan, harga naik 0,4% pada bulan Juli, menyusul kenaikan 0,1% dilihat sebelumnya. Hasil keduanya sejalan dengan hasil awal.

Bank Sentral Eropa (ECB) menganggap tingkat inflasi tahunan masih di bawah target 2% yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang sehat. Untuk mengatasi pertumbuhan inflasi yang terus menerus melemah, ECB meluncurkan langkah-langkah untuk meningkatkan inflasi, termasuk skema QE.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here