Pertumbuhan Ekonomi Malaysia Q2 Merosot Terendah 7 Tahun

309

Laju pertumbuhan ekonomi Malaysia merosot lagi pada kuartal kedua, bergerak dengan kecepatan yang paling lambat dalam hampir tujuh tahun, karena permintaan global yang buruk untuk komoditas terus berdampak pada perdagangan negara.

Negara ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara ini tumbuh 4,0 persen pada kuartal kedua dari tahun sebelumnya, sejalan dengan perkiraan median dalam jajak pendapat Reuters tetapi lebih rendah dari 4,2 persen pada Januari-Maret.

malaysia-gdp-growth-annual (1)

Ini adalah tingkat paling lambat dari pertumbuhan sejak kuartal ketiga 2009, ketika ekonomi mengalami kontraksi 1,2 persen. Ini juga kuartal kelima berturut-turut di mana tingkat pertumbuhan Malaysia telah menurun.

Bank Sentral Malaysia mengatakan ketidakpastian dalam lingkungan global dapat membebani pertumbuhan di semester kedua tahun ini.

“Sampai saat ini perekonomian kita tetap tangguh didorong oleh permintaan domestik dan berada di jalur untuk tumbuh dalam proyeksi 4,0-4,5 persen di tengah lingkungan global yang menantang,” kata Gubernur Bank Sentral Muhammad Ibrahim.

Pada bulan Januari, pemerintah merevisi proyeksi pertumbuhan 2016 untuk 4,0-4,5 persen dari awal 4,0-5,0 persen, karena ekspektasi penurunan berkelanjutan dalam harga minyak mentah global.

Surplus transaksi berjalan menyempit ke RM1.9 miliar pada kuartal kedua, turun dari RM5 miliar pada kuartal pertama, karena surplus perdagangan lebih kecil dan pembayaran laba bersih yang lebih tinggi, kata bank sentral.

Pertumbuhan kuartal kedua didukung oleh ekspansi yang kuat dalam permintaan domestik, dan investasi swasta tumbuh 5,6 persen dari tahun sebelumnya, terhadap 2,2 persen pada kuartal sebelumnya.

Konsumsi swasta di Q2 tumbuh dengan 6,3 persen secara tahunan dibandingkan 5,3 persen pada Q1, didukung oleh upah terus dan pertumbuhan lapangan kerja serta peningkatan pendapatan.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here