Bundesbank: Pebisnis Jerman Tidak Takut Dengan Brexit

286

Ketika negara Inggris raya memutuskan keluar dari Uni Eropa pada bulan Juni lalu, muncul ekspektasi kondisi ekonomi dan bisnis yang buruk bagi negara-negara kawasan Eropa. Namun bank sentral Jerman menampik ekspektasi tersebut dalam laporan bulanannya mereka yang dirilis hari Senin (15/8) dengan alih-alih banyak pengusaha Jerman berkeyakinan bisnis mereka tidak akan mundur.

Dalam laporan Bundesbank awal pekan ini menunjukkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa hanya memiliki dampak terbatas pada ekonomi Jerman sebagai dalih ekspektasi bisnis negeri tersebut  tetap kuat. Meskipun ekspektasi terjadinya kondisi ekonomi yang buruk bagi negara-negara yang menjadi mitra dagang Inggris di Eropa, survey pebisnis Jerman yang dilakukan Bundesbank menunjukkan kondisi bisnis mereka akan bertahan kuat. Harapan positif para pengusaha Jerman tersebut sedikit menghilangkan kekhawatiran pasar.

Maksud daripada bank sentral Jerman tersebut yang menyatakan dampak brexit hanya terbatas, Bundesbank berkeyakinan bahwa dampak buruk terhadap ekonomi  negara tersebut  berada dalam batas-batas yang sempit, setidaknya dalam jangka pendek. Bank sentral juga yakin dengan optimistis para perusahaan, ekspor cenderung akan terus kuat pada kuartal ketiga.

Melihat kembali perkembangan pertumbuhan ekonomi negara Jerman pada periode kuartal kedua tahun ini, seperti yang dilaporkan pemerintah ke publik bahwa pertumbuhan ekonomi negara terbesar kawasan euro  tersebut tumbuh   0,4 persen setelah periode kuartal sebelumnya  ekspansi 0,7 persen.

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here