Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed; Mingguan Naik 1,38 Persen

220

Saham Eropa ditutup sebagian besar di bawah tekanan pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat malam karena penurunan tajam saham-saham pertambangan mengimbangi optimisme seputar kenaikan tajam harga minyak.

Pan-Eropa STOXX 600 berakhir turun 0,16 persen. Namun pada minggu ini, STOXX 600 naik 1,38 persen.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.916,02, naik 1,31 poin atau 0,02%

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.713,43, turun -29,41 oin atau -0,27%

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.500,19, turun -3,76 poin atau -0,08%

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.716,40, turun -3,10 poin atau -0,04%

Pasar Eropa awalnya didorong oleh kinerja pasar yang kuat di Asia di mana pasar selesai sebagian besar lebih tinggi di belakang rekor kenaikan bursa saham di AS, sementara para pedagang mengabaikan data ekonomi dari Tiongkok yang berada di bawah perkiraan.

Pasar Eropa juga mencerna data ekonomi, dengan ekonomi Jerman berkembang 0,4 persen pada kuartal kedua 2016, yang berada di atas harapan, tetapi di bawah angka kuartal sebelumnya sebesar 0,7 persen.

Di AS, pasar diperdagangkan sedikit lebih rendah mengikuti pelemahan data penjualan ritel, meskipun ekonom mengharapkan kenaikan 0,4 persen.

Lihat : Penjualan Ritel AS Juli Melemah Tajam

Sementara itu, harga minyak terus memiliki pengaruh pada perdagangan internasional. Dengan keuntungan kuat pada hari Kamis, minyak mentah berjangka berfluktuasi pada hari terakhir minggu ini dari perdagangan, sebagai kelebihan pasokan terus membebani investor, namun melemahnya dolar AS membantu menopang harga di sesi sore.

Keduanya Brent dan WTI AS berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian selama sesi, diperdagangkan lebih tinggi pada penutupan Eropa, sekitar $ 46,78 dan $ 44,42 masing-masing. Di pasar saham, Tullow Oil memimpin sektor ini, ditutup naik 4,16 persen setelah Bank of America Merrill Lynch menaikkan rating dari “netral” untuk “membeli”.

Namun Penambang di antara beberapa pemain terburuk di Eropa pada hari Jumat, karena harga logam menunjukkan tanda-tanda kelemahan. Anglo American, Antofagasta dan Rio Tinto semua duduk di dekat bagian bawah benchmark Eropa selama sesi, ditutup masing-masing turun lebih 3 persen.

Dalam berita saham individu, Moller-Maersk adalah salah satu pemain terbaik STOXX 600, dengan kuartal kedua laba bersih datang di $ 101.000.000, jatuh pendek dari ekspektasi analis karena bergulat dengan kemerosotan dalam minyak. Raksasa pengiriman juga memilih untuk menjaga prospek laba setahun penuh tidak berubah. Saham datang dari tertinggi mereka ditutup di atas 3 persen.

Namun pemain top Eropa adalah PageGroup, setelah keduanya Barclays dan Numis menaikkan target harga mereka terhadap saham. Ini datang setelah perusahaan perekrutan melaporkan peningkatan 12 persen dalam laba semester pertama operasi. Saham melonjak 5,2 persen.

Pengecer online Jerman Zalando melonjak lebih dari 2 persen setelah Exane BNP Paribas dan JP Morgan menaikkan target harga mereka untuk saham.

Broker juga menggeser peringkat saham lainnya, dengan penambang kalium K + S, yang melaporkan laba pada hari Kamis, berakhir dalam zona merah setelah sejumlah bank termasuk Commerzbank menurunkan target harga mereka untuk saham. Dan perusahaan keamanan Inggris G4S juga ditutup turun lebih dari 2 persen turun setelah Exane BNP Paribas memangkas prospek pada saham.

Saham Volkswagen ditutup 2 persen ke bawah, setelah mengungkapkan bahwa penjualan di Jerman untuk bulan Juli turun 8,7 persen, sedangkan AS melihat penjualan jatuh 5,1 persen. Namun penjualan Tiongkok naik tajam.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa global untuk pergerakan selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here