Buruknya Data PDB Jepang Dapat Tinggikan Yen Kembali

299

Mengakhiri perdagangan forex sesi Asia hari Senin (15/8), kurs yen Jepang yang sempat dibuka lebih tinggi diawal perdagangan masih bergerak negatif setelah rilis data prelim PDB Q2-2016 Jepang yang mengecewakan. Namun rilis data PDB ini dapat memberikan kekhawatiran pada pasar  akan kondisi ekonomi global sehingga akan mengangkat perdagangan safe haven hari ini.

Di akhir perdagangan pekan lalu yen berhasil rally selama 2 hari berturut oleh buruknya fundamental dollar AS jelang dan pasca rilis data ekonomi AS (retail sales dan PPI) yang mengecewakan. Terpantau dollar AS berhasil rebound pasca rilis data PDB Jepang.

Pergerakan kurs yen  di  awal sesi Eropa (06:20:35 GMT) melemah   terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah  pada  101.14 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik  0.03% dan nilai pair bergulir berada pada 101,17.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi lemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun  ke kisaran  100,77-100.05. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut, maka pair dapat naik kembali ke kisaran 101,60.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here