Indeks Shanghai 15 Agustus Dibuka Naik Terdorong Sentimen Positif

416

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (15/08), Indeks Shanghai dibuka naik, saat ini terpantau naik 28,59 poin atau 0,94 persen pada 3079.26. Penguatan Indeks Shanghai terdorong sentimen positif penguatan mata uang Yuan dan rencana pengenalan skema pasar saham Shenzen.

Lihat : Akhir Bursa Shanghai12 Agustus Naik 1,6 Persen; Mingguan Melonjak 2,5 Persen

Bank Rakyat China pada Senin menetapkan titik referensi yuan kuat, di 6,6430 terhadap dolar AS, naik 113 basis poin atau 0,16 persen dibandingkan dengan hari Jumat.

Sementara itu The China Securities Regulatory Commission menegaskan pekan lalu bahwa skema connect pasar saham Shenzen akan diluncurkan dalam tahun ini.

Pekan lalu melemahnya data ekonomi Tiongkok menimbulkan harapan datangnya stimulus dari pemerintah Beijing.

Pertumbuhan investasi aset tetap Tiongkok mencapai terendah secara tahunan dalam lebih dari 16 tahun di periode Januari hingga Juli, karena ekonomi terbesar kedua di dunia menangani kelebihan kapasitas di sektor industrinya.

Laju investasi merosot ke 8,1 persen pada Januari-Juli dari 9 persen pada periode Januari-Juni. Para analis telah memperkirakan untuk meningkat 8,8 persen.

Lihat : Pertumbuhan Investasi Aset Tetap Semester 1 Tiongkok Turun Terendah 16 Tahun

Produksi industri Tiongkok secara tak terduga melambat pada bulan Juli, menambah tanda-tanda baru-baru bahwa ekonomi secara luas terus melambat.

Produksi dari pertambangan, pabrik, dan utilitas Tiongkok naik 6,0% secara tahunan pada bulan Juli, menurut Biro Statistik Nasional (NBS) Tiongkok, Jumat (12/08), datang lebih lemah daripada tingkat 6,2% pertumbuhan stabil produksi industri yang diperkirakan oleh analis.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Juli Melambat

Penjualan ritel Tiongkok naik 10,2 persen tahun-ke-tahun pada bulan Juli, demikian laporan badan statistik pemerintah Tiongkok (NBS) pada Jumat (12/08), namun masih di bawah perkiraan sebagai tanda mengecewakan bagi pertumbuhan raksasa Asia.

Angka ini menurun tajam dari kenaikan 10,6 persen pada bulan Juni, dan datang di bawah perkiraan median dari 10,5 persen dalam jajak pendapat ekonom Bloomberg News.

Lihat : Penjualan Ritel Tiongkok Juli Merosot

Data yang mengecewakan mendorong harapan pelonggaran kebijakan lebih lanjut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak positif dengan sentimen penguatan Yuan dan harapan diluncurkannya skema bursa Shenzen. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2982-2881 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3183-3283.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here