Rally Euro Sesi Amerika 15 Agustus Tambah Kuat Oleh Laporan Bundesbank

281

Sebagai salah satu rival utama dollar AS di kawasan Eropa, rally euro bertambah kuat yang menerima tenaga dari lemahnya data ekonomi AS yang baru dirilis seperti Empire State Manufacturing Index dari periode sebelumnya. Indeks dollar semakin terperosok sejak akhir pekan lalu dikecewakan suramnya ekspektasi kenaikan Fed rate pasca data retail sales dan PPI AS yang mengecewakan. Selain itu euro juga diperkuat oleh laporan bulananan Bundesbank.

Lihat: Bundesbank: Pebisnis Jerman Tidak Takut Dengan Brexit

Sekalipun secara umum pertumbuhan ekonomi negara-negara kawasan Euro menurun dari kuartal pertama tahun ini, namun pasar melihat kondisi ekonomi negara-negara tersebut masih stabil pasca Brexit. Pasalnya ekonom telah memprediksi penurunan yang cukup signfikan PDB negara-negara tersebut namun data yang dilaporkan kantor statistik tersebut lebih tinggi.

Pergerakan kurs euro di sesi Amerika (15:10:35 GMT) sedang menguat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya pada   1.1166  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kurs  Euro alami  penguatan 27  pips   dan nilai bergulir  berada pada 1.1194.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat naik  ke kisaran   1.1209– 1.1225. Namun jika terjadi koreksi akan turun ke kisaran   1.1149.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here