Bursa Eropa Bergerak Turun Terpengaruh Pelemahan Bursa Asia

217

Bursa Saham Eropa bergerak lebih rendah di awal perdagangan Selasa (16/08) dengan kenaikan tinggi bursa saham AS gagal mendongkrak sentimen investor di Eropa dan Asia.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,51 persen dengan semua bursa utama di wilayah negatif. Investor Eropa terepengaruh pelemahan di bursa Asia pada Selasa.

Indeks FTSE berada pada 6.922,05, turun -19,14 poin atau -0,28%

Indeks DAX berada pada posisi 10.646,66, turun -92,55 poin atau -0,86%

Indeks CAC berada pada posisi 4.464,82, turun -33,04 poin atau -0,73%

Para penambang berada pada fokus setelah BHP Billiton melaporkan hasil. Perusahaan pertambangan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, melaporkan rekor kerugian tahunan  $ 6400000000 pada hari Selasa, tertekan oleh bencana bendungan di Brazil dan kemerosotan komoditas. Saham penambang diperdagangkan lebih tinggi, dengan profit yang lebih baik dari ekspektasi analis.

Sementara itu, penambang tembaga Chili Antofagasta melaporkan kenaikan laba inti babak pertama dan mengatakan belanja modal tahun penuh akan lebih rendah dari bimbingan sebelumnya, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Di tempat lain, setelah memperpanjang rally pada Senin, harga minyak mundur sedikit pada sesi Asia.

Dalam berita saham individu lain, saham Linde yang menguat setelah Reuters melaporkan bahwa industri pembuat gas Praxair sedang dalam pembicaraan untuk membeli rekan Jerman-nya.

Perusahaan manufaktur Inggris Rotork dekat bagian bawah STOXX 600 setelah HSBC memangkas target harga untuk saham.

Schindler juga diperdagangkan lebih rendah setelah memotong bimbingan top-end untuk pertumbuhan pendapatan untuk 2016 di pasar elevator lemah di Cina dan Amerika Latin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data ekonomi kawasan Eropa seperti inflasi Inggris dan index Economic Sentiment. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here