Harga Timah 16 Agustus Stabil Mencermati Perkembangan Ekonomi Global

366

Harga timah di bursa Malaysia stabil pada perdagangan Selasa (16/08). Stabilnya harga dipicu timah kehati-hatian investor mencermati perkembangan ekonomi global.

Pada hari Senin, Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia gagal untuk tumbuh dalam tiga bulan sampai Juni, di bawah perkiraan. Ekonomi tumbuh 0,2 persen pada basis tahunan.

Hal ini menambah hasil mengecewakan produksi industri dan penjualan ritel data dari Tiongkok pekan lalu, sedangkan pertumbuhan ekonomi di zona euro jatuh pada kuartal kedua dibandingkan dengan yang pertama. Prospek lemah untuk ekonomi global telah menyebabkan pelonggaran lebih lanjut langkah-langkah dari bank sentral global, yang telah memberikan bantuan untuk pasar ekuitas.

Lihat : Harga Timah 15 Agustus Tertekan Pelemahan Bursa AS dan Eropa

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau stabil hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 18.250 dollar per ton, sama dengan penutupan sebelumnya pada 18.250.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan potensi pelemahan dollar AS setelah pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 18.450 dollar dan 18.650 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 18.050 dollar dan 17.850 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here