IHSG 16 Agustus Ditutup Naik 1 Persen, Tarik 577 Miliar Dana Asing

348

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan Selasa (16/08) berakhir naik 0,96 persen pada 5371.85. Indeks LQ 45 ditutup naik 1,19 persen pada 922,92. Penguatan IHSG terdorong aksi beli saham investor.

Aksi beli saham terdukung optimisme ekonomi Indonesia, yang dimunculkan saat Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan menjelang peringatan 71 tahun Indonesia Merdeka.

“Tahun 2016 ini dapat disebut sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju,” demikian ditegaskan Presiden Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia pada sidang bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Presiden Jokowi menyatakan menjalani tahun percepatan pembangunan ini adalah untuk melakukan pengentasan kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial, maka pemerintah berfokus melakukan tiga langkah yaitu:

  1. Percepatan pembangunan infrastruktur.
  2. Penyiapan kapasitas produktif dan Sumber Daya Manusia.
  3. Deregulasi dan debirokratisasi.

Lihat : Presiden Jokowi : Menuju Indonesia Maju dengan 3 Fokus Percepatan Pembangunan

Aksi beli saham investor lokal memanfaatkan pelemahan IHSG pekan lalu dan awal pekan kemarin.

Aksi beli saham juga didukung penguatan Rupiah. Pasangan mata uang USDIDR melemah 0,04 persen pada 13,085.

Kenaikan IHSG sore ini juga melawan tren pelemahan yang terjadi di bursa Asia dan Eropa, dimana bursa Asia berakhir di zona merah, dan bursa Eropa bergerak lemah pada awal perdagangan.

IHSG sore ini terdukung oleh semua sektor yang positif, dengan penguatan tertinggi pada sektor Industri Dasar yang melonjak 2,15%. Pada akhir perdagangan sore ini tercatat 207 saham menguat, sedangkan 119 saham melemah. Sampai sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 8,35 miliar saham dengan nilai mencapai 7,71 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 275.673 kali.

Lihat : IHSG 16 Agustus Sesi 1 Naik, Raih 263 Miliar Dana Asing

Kepercayaan investor akan fundamental ekonomi Indonesia, tetap mendorong investor asing membeli saham. Terpantau sore ini dana asing yang masuk pasar modal mencapai net buy Rp. 577,73 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan perdagangan IHSG selanjutnya berpotensi naik terdorong optimisme ekonomi Indonesia. Namun perlu diwaspadai aksi profit taking terpengaruh pelemahan bursa Asia. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 5341-5309, dan kisaran Resistance 5402-5434.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here