Indeks Shanghai 16 Agustus Dibuka Naik Terdorong Sentimen Positif

350
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (16/08), Indeks Shanghai dibuka naik, saat ini terpantau naik 7,76 poin atau 0,25 persen pada 3132.95. Penguatan Indeks Shanghai masih terdorong harapan stimulus setelah data ekonomi lemah dan peluncuran skema pasar saham Shenzen-Hong Kong.

Lihat : Bursa Shanghai 15 Agustus Ditutup Naik Tertinggi 7 Bulan

Tiongkok melaporkan data aset investasi, pinjaman, belanja ritel dan produksi pabrik lebih lemah dari perkiraan pada hari Jumat, mendorong harapan pemerintah akan menggelar langkah-langkah dukungan lebih tahun ini untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Investor juga cenderung mengantisipasi peluncuran pasar saham Shenzhen-Hong Kong yang direncanakan tahun ini. Pada hari Jumat, Reuters melaporkan bahwa badan pengawas keuangan Tiongkok yaitu China Securities Regulatory Commission (CSRC), sedang mempersiapkan peluncuran dalam waktu dekat dan telah mendirikan sebuah kelompok kerja kecil untuk mengkoordinasikan itu.

Program investasi lintas batas mirip dengan Shanghai-Hong Kong menghubungkan program yang memungkinkan investor di daratan Tiongkok untuk membeli saham yang terdagtar di Hong Kong.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif menantikan harapan stimulus pemerintah Beijing dan rencana peluncuran pasar saham Shenzen-Hong Kong. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3013-2904 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3252-3384.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here