Inflasi Inggris Juli Naik

380

Inflasi Inggris naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juli, menurut Kantor Statistik Inggris, Selasa (16/08). Indeks Harga Konsumen Inggris tercatat 0,6% pada basis tahun-ke tahun, naik dari tingkat pertumbuhan Juni 0,4%, dan lebih tinggi dari perkiraan analis 0,5%, menurut sebuah jajak pendapat oleh Thomson Reuters. Inflasi terus tetap rendah, tapi dari tingkat yang lebih buruk dari 2015 di mana CPI berada di wilayah deflasi.

Diluar harga input yang mudah menguap seperti pangan dan energi, pembacaan inflasi inti menunjukkan pertumbuhan 1,3% dari tahun sebelumnya. Ini lebih rendah dari 1,4% pada bulan Juni, tapi sesuai dengan ekspektasi analis.

Untuk bulan Juli, inflasi turun 0,1%, turun dari pertumbuhan 0,2% bulan sebelumnya, tetapi sesuai dengan perkiraan.

Inflasi telah menjadi perjuangan untuk beberapa waktu bagi Bank of England. BoE telah bekerja memotong keluar untuk itu dalam beberapa bulan ke depan sebagai efek dari ‘Brexit’ menjadi lebih jelas. Tingkat kerusakan yang akan terjadi pada ekonomi Inggris tidak jelas, tapi BoE mengambil langkah-langkah preemptive untuk membantu memerangi penurunan pada pertemuan Agustus dengan mengurangi suku bunga acuan dari 0,5% menjadi 0,25% dan meningkatkan Program QE sebesar 60 miliar pound.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here