Optimisme Ekonomi Jerman Agustus Rebound

258

Indeks optimisme ekonomi ZEW Jerman diperkuat pada 0,5 untuk bulan Agustus dari -6,8 sebelumnya, tapi ini lebih rendah dari angka yang diharapkan dari 1,8 dan masih pembacaan terendah kedua 2016. Peningkatan terbatas akan mempertahankan seputar prospek Jerman secara keseluruhan mengingat bahwa tingkat suku bunga sangat rendah.

Indeks yang mengukur kondisi saat ini meningkat menjadi 57,6 dari 49,8 sebelumnya, sedangkan indeks ekspektasi pulih menjadi 4,6 dari -14,7 sebelumnya.

germany-zew-economic-sentiment-index (5)

Ekonom ZEW menyatakan bahwa ekspektasi ekonomi pulih setelah Brexit. Bagaimanapun, masih kekhawatiran seputar risiko politik baik di dalam dan di luar zona euro dan ada keraguan lebih lanjut atas ketahanan sektor perbankan Uni Eropa dengan pembacaan lanjut sangat negatif bagi bank dalam survei.

Indeks ZEW untuk zona euro menguat 4,6 dari -14,7 sebelumnya dengan indeks kondisi saat ini meningkatkan hanya sedikit untuk -10,3 dari -12,4, sementara ada kenaikan kuat untuk indeks ekspektasi.

Akan ada beberapa kejutan bahwa indeks ekspektasi bulanan yang telah diperkuat lebih substansial dalam zona euro daripada di Jerman dengan data yang umumnya mengecewakan di Perancis dan Italia. Data yang akan datang akan diawasi ketat untuk menilai apakah optimisme meningkat ini dibenarkan.

Dalam data Jerman, ada harapan bahwa tingkat inflasi akan meningkat dengan tingkat suku bunga jangka panjang juga diperkirakan akan meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here