Risalah Pertemuan RBA : Penurunan Suku Bunga Untuk Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

290

Para pembuat kebijakan di Reserve Bank of Australia teguh dalam keputusan mereka untuk menurunkan suku bunga bulan ini, mempertahankan bahwa tidak ada perubahan dalam perkiraan untuk inflasi.

“Data CPI terbaru Australia telah meneguhkan bahwa tekanan inflasi terkendali, seperti yang telah diharapkan ketika perkiraan sebelumnya dibahas pada bulan Mei. Dengan demikian, prospek inflasi sedikit berubah. Inflasi diperkirakan tetap rendah untuk jangka waktu sebelum naik secara bertahap sebagai kapasitas cadangan tenaga kerja dan banyak pasar produk berkurang, “demikian risalah pertemuan kebijakan 2 Agustus yang dirilis hari Selasa (16/08).

“Dalam menetapkan keputusan kebijakan, anggota mencatat bahwa data CPI baru-baru ini telah meneguhkan bahwa inflasi akan tetap rendah untuk beberapa waktu. Mereka juga mengamati bahwa sementara prospek pertumbuhan yang positif, ada ruang untuk pertumbuhan yang lebih kuat, yang bisa dibantu oleh suku bunga yang lebih rendah.

RBA menurunkan suku bunga overnight ke rekor rendah 1,5% awal bulan ini, seperti yang diperkirakan. Ini adalah kedua kalinya sejak Mei bahwa bank sentral melonggarkan kebijakan moneter dalam menanggapi inflasi yang lemah.

Keputusan kebijakan untuk pelonggaran kebijakan moneter menguat karena inflasi terus-menerus melemah, tantangan penting untuk Australia. Inflasi tahunan turun menjadi hanya 1% pada kuartal kedua, terlemah dalam 17 tahun.

Kebalikannya, dolar Australia meningkat menyusul penurunan suku bunga terbaru. Aussie telah naik 1,8% terhadap dolar AS sejak 2 Agustus, termasuk mencapai empat-bulan pekan lalu.

Ancaman deflasi adalah tantangan sementara, belum berdampak besar pada pertumbuhan. Pernyataan Kebijakan Moneter kuartalan RBA menunjukkan pekan lalu bahwa proyeksi kebijakan pada pertumbuhan ekonomi masih relatif tidak berubah selama dua tahun ke depan.

Australia melihat aliran data ekonomi minggu ini. Pada hari Rabu Westpac akan merilis indeks terkemuka untuk Juni, merupakan ukuran bulanan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Pada Kamis Biro Statistik Australia akan merilis laporan pekerjaan resmi untuk bulan Juli. Pengusaha diperkirakan telah menambahkan 11.000 pekerja bulan lalu, naik dari kenaikan bulan Juni dari 7.900. Pengangguran diperkirakan akan terus stabil di 5,8%.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here