Bursa Shanghai 17 Agustus Berakhir Datar Merespon Persetujuan Perdagangan Saham Hong Kong-Shenzen

420
shanghai index

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (17/08), indeks Shanghai berakhir datar 0,19 poin, atau 0,01 persen, ke 3110.23. Pergerakan datar Indeks Shanghai sehari setelah pemerintah Tiongkok menyetujui peluncuran link perdagangan saham antara Hong Kong dan Shenzhen.

Lihat : Indeks Shanghai 17 Agustus Bergerak Lemah Setelah Pasar Saham Hong Kong-Shenzen Diluncurkan

Setelah pasar ditutup pada hari Selasa, Perdana Menteri Cina Li Keqiang mengatakan bahwa Dewan Negara telah menyetujui skema Shenzhen Hong Kong Stock Connect. Peraturan diumumkan kemudian bahwa link perdagangan saham akan berjalan dalam waktu empat bulan, dan tidak akan ada kuota investasi agregat untuk skema. Jumlah kuota yang ada untuk Shanghai Connect juga akan dihapus.

Lihat : Perdagangan Saham Hong Kong – Shenzen Disetujui Pemerintah Tiongkok

Analis mengatakan persetujuan perdagangan saham Hong Kong-Shenzhen telah diperkirakan, sehingga reaksi pasar membisu.

“Selain itu, skema tidak akan memperkenalkan banyak dana ke pasar daratan dilihat dari link saham Shanghai-Hong Kong,” kata Xiao Shijun, analis di Guodu Securities di Beijing.

Saham broker yang terdaftar di daratan rally pada awal perdagangan setelah persetujuan dari skema, dengan indeks CSI SWS Securities mendapatkan sebanyak 2 persen pada satu waktu pada hari Rabu pagi. Tapi kenaikan berumur pendek dan indeks berakhir turun 0,57 persen.

Esok hari akan dirilis House Price Index bulan Juli yang diperkirakan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak lemah jika data indeks harga rumah terealisir menurun. Namun perlu dicermati jika harapan stimulus menguat, maka akan menguatkan bursa. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3013-2912 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3214-3314.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here