Inflasi AS Bulan Juli Melemah

304

Harga konsumen AS tidak berubah untuk bulan Juli setelah kenaikan 0,2% bulan sebelumnya dan sejalan dengan ekspektasi pasar. Ada peningkatan secara tahunan sebesar 0,8% dari 1,0% sebelumnya dan sedikit di bawah 0,9% yang diharapkan.

united-states-inflation-rate-mom (2)

Secara keseluruhan inflasi tetap baik, namun peningkatan yang mendasari inflasi sektor jasa, yang akan meningkatkan rasa percaya diri Fed bahwa inflasi secara keseluruhan secara bertahap akan bergerak menuju 2%.

united-states-inflation-cpi (4)

Mendasari harga naik 0,1% untuk bulan dari 0,2% bulan sebelumnya, yang sedikit di bawah ekspektasi, sementara peningkatan secara tahunan beringsut lebih rendah menjadi 2,2% dari 2,3% sebelumnya.

Harga energi turun 1,6% pada bulan tersebut karena retreatnya harga minyak mentah untuk bulanan untuk memberikan penurunan tahunan 10,9% karena harga bensin turun 4,6% pada bulan tersebut.

Ada penurunan 1,0% lebih lanjut dalam harga mobil dan truk yang digunakan selama satu bulan untuk memberikan penurunan tahunan 3,7%. Harga pakaian tidak berubah untuk bulan untuk memberikan peningkatan tahunan 0,3%.

Tidak termasuk jasa energi, ada peningkatan tahunan 3,1% di harga sektor jasa selama tahun dengan pelayanan medis meningkat 4,1% selama setahun setelah kenaikan bulanan 0,5% dan masih akan ada kekhawatiran yang mendasari meningkatnya tekanan inflasi di sektor jasa .

Data inflasi tidak akan memicu alarm serius dalam Federal Reserve, tapi harus ada keyakinan bahwa inflasi secara bertahap akan bergerak menuju 2% terutama karena telah terjadi peningkatan baru dalam harga energi karena data inflasi terbaru, sementara dolar lebih lemah.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here