Lonjakan Yen ke Kisaran 100 Menakutkan Pemerintahan Jepang

302

Mengakhiri perdagangan forex hari Selasa dini hari tadi, kurs yen berhasil rally cepat hingga mencapai posisi tertinggi sejak perdagangan bulan Oktober tahun 2013 oleh buruknya fundamental dollar AS. Yen melesat cepat setelah awal pekan sempat melesat pasca pengumuman PDB Jepang kuartal kedua tahun ini yang menurun.

Lonjakan yen yang sangat cepat tersebut membuat pemerintah Jepang panik  sehingga Rabu pagi (17/8) waktu Jepang seorang pejabat dari Kementerian Keuangan yang merupakan Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional Masatsugu Asakawa  mengeluarkan peringatan baru akan tindakan devaluasi yang dilakukan pemerintah jika naik terlalu tajam.

Pernyataan ini merupakan senjata  pemerintah Jepang  dalam intervensi langsung di pasar mata uang untuk memaksa menurunkan yen. Peningkatan yen akan menyusahkan para eksportir yang juga pabrikan – pabrikan besar negeri tersebut, dimana keuntungan mereka akan semakin menurun.

Sebuah yen lebih tinggi sangat  mengurangi keuntungan produsen di  Jepang  dan kondisi tersebut akan melemahkan siklus pertumbuhan ekonomi positif yang menjadi target  Perdana Menteri Shinzo Abe.Sebagai informasi, PDB Jepang Q2-2016 hanya meningkat 0,2% sedangkan kuartal sebelumnya meningkat hingga 2%.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here