The Fed Lockhart : Kemungkinan Dua Kenaikan Suku Bunga Tahun 2016

420

Ekonomi AS kemungkinan cukup kuat untuk setidaknya melakukan satu kenaikan suku bunga sebelum akhir 2016, dengan dua kenaikan kemungkinan, demikian Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Dennis Lockhart mengatakan pada hari Selasa.

“Saya tidak akan mengesampingkan September,” kata Lockhart, mengutip apa yang ia sebut keuntungan pekerjaan AS sebagai yang sedang berlangsung dan tanda-tanda inflasi “sehat” akan semakin mungkin membenarkan kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan Fed bulan depan.

“Jika pertemuan itu hari ini saya pikir data ekonomi akan membenarkan diskusi serius,” katanya kepada wartawan setelah pidato kepada Rotary Club of Knoxville. “Ini dibayangkan kita bisa memiliki dua kenaikan tingkat tahun ini.”

Sebelumnya pada hari Selasa, Presiden Fed New York William Dudley juga menyuarakan keyakinan dalam perekonomian dan mengatakan bank sentral AS akan menaikkan suku sesegera pertemuan kebijakan 20-21 September setelah bulan di mana risiko luar diminta untuk menahan.

Lihat : The Fed Dudley : Kenaikan Suku Bunga AS September Dimungkinkan

Dalam pidatonya di Knoxville, Lockhart mengatakan data produk domestik bruto terbaru AS tetap di jalur untuk pertumbuhan moderat sepanjang tahun ini dan berikutnya. Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa ia tidak terkunci ke tanggal tertentu untuk kenaikan suku bunga.

The Fed, yang menaikkan suku pada bulan Desember tahun lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, juga dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan kebijakan pada awal November dan Desember.

Lockhart, yang saat ini bukan anggota voting komite kebijakan The Fed, juga menunjuk risiko ia dan pejabat lainnya Fed telah memberikan perhatian yang meningkat dalam kelemahan investasi bisnis.

Dia mengatakan rebound dalam investasi adalah “penting” untuk kekuatan berkelanjutan dari pemulihan dari krisis keuangan 2007-2009.

Tertinggalnya investasi bisnis tidak hanya akan mengurangi pertumbuhan ekonomi saat ini, tetapi juga dapat membebani produktivitas dan, pada gilirannya, potensi pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Namun, Lockhart mengatakan ia merasa keuntungan pekerjaan dilanjutkan dan tanda-tanda yang baik upah dan inflasi mungkin telah mulai bergerak lebih tinggi berarti ia mengharapkan Fed untuk mencapai tujuan kerja dan inflasi tahun depan.

“Indikasi awal pertumbuhan PDB kuartal ketiga menunjukkan rebound. Saya tidak percaya momentum telah terhenti. Saya tetap percaya diri tentang prospek di paruh kedua 2016 dan 2017,” katanya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here