Rupiah Kamis Siang Kuat Diatas Kurs Referensi BI

289

Kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi pada awal perdagangan hari Kamis (17/8)  bergerak positif dan penutupan bursa saham sesi pagi tadi juga menguat. Kuatnya rupiah berlawanan dengan kurs referensi yang dilemahkan BI untuk hari ini.

Kondisi rupiah yang mantap  hingga siang ini tidak menghalangi  semangat investor asing setor modalnya lebih besar lagi dari perdagangan bursa saham pagi hari, net buy investor asing  naik dua kali lipat menjadi Rp651 miliar.  Aliran modal asing yang   masuk bursa ini  ikut mengangkat posisi rally  IHSG yang kini sedang naik 1,3%.

Lihat: IHSG 18 Agustus Sesi 1 Naik 1 %, Sektor Aneka Industri Lompat 6 %

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,24% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13116/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13115/US$.   Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  dilemahkan   ke  13114  dari  posisi 13098 perdagangan hari Selasa (16/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13180  setelah perdagangan sebelumnya 13163.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi kuat hingga akhir perdagangan  oleh mometum pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13122 dan  resistance di 13094.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here