Harga Produsen Jerman Juli Melambat

260

Harga produsen Jerman naik 0,2% pada bulan Juli setelah naik 0,4% pada bulan Mei dan Juni dan lebih kuat dari 0,1% yang diharapkan.

Secara tahunan, terjadi penurunan dari 2,0% dibandingkan dengan 2,2% sebelumnya dan tingkat terendah dari penurunan sejak Agustus 2014. Indeks yang mendasari energi termasuk mencatat kenaikan bulanan 0,2% untuk penurunan tahunan 0,5% dari 0,7% sebelumnya, sementara ada volatilitas harga pangan pada bulan tersebut.

Harga energi tidak berubah selama sebulan, saat mencatatkan penurunan tahunan 6,2%, sementara harga barang menengah menurun turun 1,8% sepanjang tahun. Kategori lain semua mencatat kenaikan tahunan dengan peningkatan tahunan sebesar 1,2% untuk barang-barang konsumsi tahan lama dan 0,5% untuk barang modal.

Ada kenaikan harga selama empat bulan terakhir dan harga juga menurun secara konsisten selama paruh kedua tahun 2015. Mengingat bahwa harga energi telah meningkat tajam selama beberapa minggu terakhir, ada potensi untuk tingkat tahunan untuk mengubah positif sebelum akhir 2016.

Masih akan ada beberapa kekhawatiran atas risiko guncangan deflasi dari peristiwa-peristiwa global, terutama jika Sterling terus melemah dan ada penurunan baru di Tiongkok, namun hasil yang paling mungkin adalah bahwa tingkat tahunan akan berubah positif, yang akan cenderung mengurangi tekanan untuk pelonggaran kebijakan ECB lebih lanjut.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here